Blog for share anything

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi-definisi sosiologi yang dikemukakan beberapa ahli:

1. Emile Durkheim

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.

2. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

3. Soejono Sukamto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.



4. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

5. Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

6. Menurut Roucek & Waren, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok sosial.

7. Menurut Soerjono Soekanto, sosiologi adalah ilmu yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris, serta bersifat umum.

8. Pitirim Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

9. Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

11. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

12. Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

13. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

Dari berbagai definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa :

Kesimpulannya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara individu dengan individu, individu dengan masyarakat, dan masyarakat dengan masyarakat.

Selain itu, Sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris serta bersifat umum.
Comments
265 Comments

265 komentar untuk " Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli "

  1. saya membutuhakan definisi menurut peter l berger trus perbandingan ( persamaan and perbedaan) definisi menurut august comte, peter l berger, roucek and warren dan emile durkheim
    thanks
    tulisanya sangat membantu

    ReplyDelete
  2. definisi dari ahlinya komplit bangeet!!!
    makasiii adminn!
    soalnya tugas dari guru sosiologi ngumpulin def. sosiologi by experts minimal 10.
    tqqqxxx!

    ReplyDelete
  3. tambahin yg laen lagi dung wa disruh cari 30 biji

    ReplyDelete
  4. waduh kebetulan ada nih, guru sos nya ampunnn galak
    ....... tq tq tq

    ReplyDelete
  5. Thanks bwanget yach...

    ReplyDelete
  6. thank you sering2 yoa bikin artikel d sini...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

    ReplyDelete
  7. sangat membantu sekali....
    makasi banyak....

    ReplyDelete
  8. tq my man for the artycel you rae my friend aa ano kino yume madebo mata no suretenai genso.

    ReplyDelete
  9. m raffael ibrahimJuly 30, 2009 at 9:31 PM

    jjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeellllllllllllllllllllllllllleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnggggggggggggggggggggggggggggggggggggeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

    ReplyDelete
  10. makasih banget yoWw..............................................

    ReplyDelete
  11. Thx banjett y...
    informasi ini sgt ak perlukan..

    ReplyDelete
  12. thaks bgt buat yg bikin web ini.
    sgt membantu aq dlm sosiologi,

    ReplyDelete
  13. thx's bro....

    mkasih def na.... i like it full...

    ReplyDelete
  14. Tq BangEUd nii..!!
    kLu bisSa tambaHin agy duumbZzz..!!
    ehehhehehehe..
    Tq..Tq..Tq..=)

    ReplyDelete
  15. makasi ea, ku lupa lum beli buku...
    kok menurut Aguste Comte, Bapak Sosiolog Dunia lum ada ea??? ^_^

    ReplyDelete
  16. sy lg nyari pergrtian mnurut petor L berger

    ReplyDelete
  17. numpang lewat sambil ngopy ya, makasih.. what a nice blog

    ReplyDelete
  18. thankkk you... di perbanyak yacchhhhh....
    agar tgas q lngkap....

    ReplyDelete
  19. Artikel tntng sosio lngkap bgt !!! Membantu tugas sosio sy dr dosen !!

    Thankss

    ReplyDelete
  20. pengertian proses sosial menurut para ahli ap y??

    ReplyDelete
  21. tolong dong definisi sosiologi dan kebudayaan dan masyarakat yang lebih lengkap secara detail menurut ahli, dan contohnya, kirim ke e-mail yh!!

    ReplyDelete
  22. =>¤"rHy~@ND"¤September 29, 2009 at 5:26 PM

    tHaNXs . . .
    tugaS pRTMa aNX gZi'09 sLSai,

    tPi tMBHiN doNK . . .

    ReplyDelete
  23. minta lg doong guru stres nyuruh sy nyri 40 dr para ahli ckck

    ReplyDelete
  24. penjelasannya kurang leeeeeeeeeeeeeeeeeeeengkaaaaaaaaaaaaaaaaaaap.......................................................................................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    ReplyDelete
  25. kurang lengkap Boss..tapi ok jga

    ReplyDelete
  26. muhammad hatta abdullahOctober 6, 2009 at 3:59 AM

    duh ga ada nama bukunya tuh?? butuh niiih

    ReplyDelete
  27. thank ya,,,,
    akhrnya aq bsa bntu my luph

    ReplyDelete
  28. tolong sisip kan pengertian politik yang mencangkup ruang lingkup ilmu sosiologi

    ReplyDelete
  29. Makasih banyak ya. Ini bg qu penting bgt

    ReplyDelete
  30. Thx ya, ini penting bgt bg qu...

    ReplyDelete
  31. Tolong d post kn ya, Apa pengertian Sosiologi menurut AUGUSTE COMTE

    ReplyDelete
  32. Hmmm...jd inget masa2 SMA,
    Thx ats artikelnya

    Klo ad yg btuh chord, lirik, humor, tutorial, VB,JS,HTML dll maen aj k blog w bro, jgn lpa kmentarnya, dtggu y, thx 4 all

    ReplyDelete
  33. Nilai-nilai berubah cepat
    Revolusi budaya?
    kita terlena
    Apa yang sedang terjadi?
    Jin memasuki peradaban manusia
    Budak setan mencoba mendominasi
    Siapa dalang di balik semua ini?
    Bisakah kita lakukan perbaikan?

    http://antimain.wordpress.com

    ReplyDelete
  34. seeeebbbb, sangat sangat membantu sekali.tks

    ReplyDelete
  35. makasih banyak informasinya....

    ReplyDelete
  36. Makasih. . .atas artikelnya,

    Artikel ini sangat membantu. . .

    ReplyDelete
  37. okelah tuGas kUu dah selesai taNks ataS infOnya keY.......he...he....guRuku pasti baNgga......

    ReplyDelete
  38. kurang lengkappppppppppp

    ReplyDelete
  39. admin struktur sosiologi yg menurut para ahli
    apa mas....?

    mohon bntuannya....

    ReplyDelete
  40. pengertiannya udah bagus. akan lebih bagus alau ditambah lagi dengan struktur, sejarah dan lainnya.

    ReplyDelete
  41. mkcii yach...
    artkelmu sgt mmbntu....
    thank you very much... :)

    ReplyDelete
  42. Thengkyu bangeeeet ,, ketolong tapi koq yg menurut berger ga ada ya??? tapi ini sangat membantu ,, guru sosnya galak ngeet ,,

    ReplyDelete
  43. tQ bro , tugas gw jadi selesai . Lau enggak tau sendiri ma Guru gw gak buat tugas di suruh belajar di luar gak mau gw tQ sekali lagi

    ReplyDelete
  44. Thanks yach ??
    akirnya tugas bisa terselesaikan dengan baik !!!

    ReplyDelete
  45. yaampun makasih banget ya adminnya udah ngepost ini tugas gue langsung selesai!tinggal bikin tentang pandangan sendiri deh hihihi thanks banget!

    ReplyDelete
  46. terima kasih

    jika ada berita terbaru tolong d krim

    ReplyDelete
  47. klo mnurut mayor polak n hasan shedily tuh apaa ? :))

    ReplyDelete
  48. thanks yhaa..
    akhirnya tugas ku selesai..
    :)

    ReplyDelete
  49. tengkyu!!!!!:D

    ReplyDelete
  50. peninggggggggggggggggggggggggggggg.........

    ReplyDelete
  51. ma k'ci ych tgs sos quw udh usay..
    J'di guru sos quw g akn marah'' l'gi ma z..
    Hehehehehehehehee...

    ReplyDelete
  52. kurang banyak ich .......
    yang banyak dong .......
    aku muzti cari sebanyak mungkin nie ....biar nilai ku baguz .....
    cOz low banyak nilainya paztie bagUz .........
    pLiese ......:)

    ReplyDelete
  53. tolongggggggggggggg minta penjelasan tentang pengertian sosiologi donkkkkkkkk yang jelas butu bnet nich

    ReplyDelete
  54. thanks yupz untuk pengertian nya....ngebantu banget....

    ReplyDelete
  55. Msa hanya sdicit sch

    ReplyDelete
  56. kurang banyak................
    .,ada yg ga' ada

    ReplyDelete
  57. krang komplit...
    hrus nya lbih bnyak lagi.....
    karena yang di atas semuanya sdah ada di buku....
    yang lain dong.....???

    ReplyDelete
  58. mas, ada ga pengertian sosiologi menurut para ahli: charles ellwood, gustav ratzenhofer, peter berger, wright mills.
    krn itu smua suda ada di bku.
    dan sptnya sangat kurang lengkap ntu. !!!

    ReplyDelete
  59. eha bangzad kalian semua

    ReplyDelete
  60. aduh..
    ak jd ngrtii am sosiologi ne..
    maacii iia..

    ReplyDelete
  61. pengertian struktur sosial menurut para ahli kok susah banget eah nyarinya,.

    ReplyDelete
  62. hahaaa , tq bged yaa :D

    ReplyDelete
  63. putrie~bocah~SMADA BJMJuly 30, 2010 at 2:25 AM

    hahahahahaaa...

    mksh yawh, brkat adanya blog ne, qu bzz nxlesain tgas scll q,,

    hihii

    ReplyDelete
  64. thanks ya,,,krna udh bantu krjain PR aQ.....hehehehe
    tpi mau ksih msukan tlong prbnyk ya..... :-)

    ReplyDelete
  65. klo bsa tmbah lg dong,,,, dtugsn'y min 40 orng...

    ReplyDelete
  66. klo bsa d tmbh ge yyyyyyyyy,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    tgs ny min 20 org,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  67. hmmt kock hmpir cmua definisi dri pra ilmuannya yg itu2 aj gk dha yg laent tlong d prjelas or dprbanyak trimakasih

    ReplyDelete
  68. hmmt kock hmpir cmua definisi dri pra ilmuannya yg itu2 aj gk dha yg laent

    ReplyDelete
  69. ko pengertian sosiologi ga ada yang menurut august comte nya sih?

    ReplyDelete
  70. iya jga sichh ..................

    kurang lengkap pengertian sosiologinya
    seharus nya pengertian nya harus bener-bener lengkap nya agar dapat di mengerti ......

    klo bisa di tambah donk ...........

    ReplyDelete
  71. thanks atas informasinya ...

    ReplyDelete
  72. TAMBAH AGI DONK MASALAH MENGENAI SOSIOLOGI NA...........

    ReplyDelete
  73. B A G U S

    thax yach

    ReplyDelete
  74. mmmmmmmmmmmmmmmm......................................
    bgzzzzzzzz..............bgzzzzzzzzzzzzzzzz...................


    loe izo eank lbh jlz lg eowww
    iaarrrrrrrrrrrr pngthuan qt brtmbh

    ReplyDelete
  75. iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhh .....................
    kpan cie .... difinisi soiologi bisa lengkap ?????
    tolong donk di jawab kadang-kadang rara bingung kalok dpet tugas kayak gini !!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  76. rara sekarang cuma mau ngucapin theaks yach .............

    ReplyDelete
  77. kok gak lengkap y definsi sosiiologi nya
    kalo bs da tambahi donk

    ReplyDelete
  78. makasih atas bantuannya
    butuh juga nih buat PR...

    ReplyDelete
  79. minta nama'2 para ahli sosiologi and penjelesannya dunks 50 orang aj pleace........

    ReplyDelete
  80. aprillia tri rianyAugust 16, 2010 at 4:51 AM

    thank's ya,,,,ini butuh bgt buat PR....

    ReplyDelete
  81. Adow gemana nih.....
    D sruh cari pakar sosiologinya
    minimal 3 tpi yg smua sdh ada di buku...
    Yang laen donk.........

    ReplyDelete
  82. wah, lmayan membantu juga nih artikel.........

    ReplyDelete
  83. Lmayan mMBntu gue niIEech.. ..

    ReplyDelete
  84. bantui aku dong cari tugas ini..

    1 tokoh apa yang menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari lembaga-lembaga?

    2. tokoh yang mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari tubuh, dan kewajiban masyarakat adalah?

    aku tunggu di emailq... thanks

    ReplyDelete
  85. bagus nahh jawabanna

    ReplyDelete
  86. bantuin aku kerjain tugas ini ..

    tokoh yang menyatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari lembaga - lembaga itu siapa ya?

    jawabannya kirimin ke emailku ya...

    ReplyDelete
  87. makacii ia...^^
    udah lumayan bantu buat ngelengkapin tugas..^^

    ReplyDelete
  88. waw.........komplitx
    thanks ya

    ReplyDelete
  89. q kira definisi ini perlu d tambah

    ReplyDelete
  90. mkasii bgd yyah mass .
    :D

    ReplyDelete
  91. Bnt dunk,cr'kn devinisi menurt para ahli. . .
    Aq bngng ne,mana xuruh cr bx' lg. . . . .

    ReplyDelete
  92. yang bilang kalau defenisi ini tidak jelas berarti tdak tahu arti dari pada defenisis itu sendiri, karena defenisi itu merupakan memperjelas kata jadi otomatis gaya dan struktur bahsa dari semua ahli wajar ajah berbeda2.....

    ReplyDelete
  93. .makcie yo
    .ud bnt tgaz q
    .he. . .

    ReplyDelete
  94. Maksh bxk yyyyy.....


    By : pephyn makzzr

    ReplyDelete
  95. Tambahin napa.......
    kata guru nny cri lbih dri 20

    ReplyDelete
  96. toelong ea criin gw pengertian sosiologi
    ciri-ciri sosiologi
    sbgai peran/guna sosiologi
    masalah sosiologi
    plies ea criin ea

    ReplyDelete
  97. toelong ea criin gw pengertian sosiologi
    ciri-ciri sosiologi
    sbgai peran/guna sosiologi
    masalah sosiologi
    plies ea criin ea
    ntar krm ke e-mail saya ea

    ReplyDelete
  98. tengs y bangettttttttttttttttt al a

    ReplyDelete
  99. Thank you very much
    TQ yh MKasih

    ReplyDelete
  100. makasih buangeet yua...

    ReplyDelete
  101. 'ga dha pngertian sosial menurut para ahli ea ??

    ReplyDelete
  102. Sosiologi adl ilmu yg mempelajari tentg hbgan antr kelompok dalm brmasyrakt

    ReplyDelete
  103. Sosiologi adl ilmu yg membicrakan tntang masyarkt. Bagaimna hbungn dgn stu sma lainya.

    ReplyDelete
  104. nok.ian9883@yahoo.comJanuary 28, 2011 at 9:34 PM

    kurang bgdddddd neph artikel nya ..
    akuh btuh yang pengidentipikasikan masyarakat mutikultural ....

    ReplyDelete
  105. hakimputra@rocketmail.comMarch 14, 2011 at 4:27 AM

    contoh2 a apa z

    ReplyDelete
  106. thx banget.

    ReplyDelete
  107. Tanksssss. . . . . BangetzzZz. . . . , . . . .

    ReplyDelete
  108. makasih bgt kak.......
    Tgs sosiologi krg 2 depenisi nya lg...makasih bgt kak.......
    Tgs sosiologi krg 2 depenisi nya lg...

    ReplyDelete
  109. thnk's yach,,,,,

    defenisi.a,,,,

    ReplyDelete
  110. apaan nih ga lengkap ,, definisi aguste comte mana ?

    kontoll ..

    ReplyDelete
  111. sngat membantu skli.........
    tanks..!!!!!!!

    ReplyDelete
  112. alhamdulillah saya,menemukan tugas sosiologi ini... thx banget yg udh bikin ini :)

    ReplyDelete
  113. makcihH bngGett ....
    krna dgn aDa.a intrnett nuii, ue lbh mudahH mncri ap yg ue cari ..
    # hehehe ...
    thanks yaa .

    ReplyDelete
  114. thx yaa ......
    udh mw bntu ueE dlm melaksna.n tugss nuii ...
    .. I LIKE IT ..

    ReplyDelete
  115. makasih yaa infonya guna banget buat ngerjain tugas

    ReplyDelete
  116. MuakaCiH bgd ea...
    Zg dah bkin artikel nc...
    Smoga artikel'a bza brguna wat cmwa...
    Amiin
    skali lge mkch. .

    ReplyDelete
  117. thx....yeeh
    udah bntu tugas gwa

    Good Job

    ReplyDelete
  118. numpang copas buat tugas yaa thxxx!

    ReplyDelete
  119. thanks yaahhh........ :)

    ReplyDelete
  120. terimakasi, ne sangat membantu gw bwat keja'n tugas gw

    ReplyDelete
  121. Mkzih bwt devinisi2 nya yach ^_^

    ReplyDelete
  122. Legahx tungas yg d'berikan guru dha selesai,thanks nha,

    ReplyDelete
  123. zaki bdak libelsJuly 27, 2011 at 4:22 AM

    gw bbtuh artikel tntang 20 tokoh yg mengemukakan teori tentang sosiologi tapi ni hanya adaa 13 krang nihh

    ReplyDelete
  124. maksih ya sangat membantu banget loh postingannya .
    smanya udah bagus, adminnya pinter banget .

    ReplyDelete
  125. makasih ya min atas informasinya tentang sosiologi bermanfaat banget dech .

    ReplyDelete
  126. makasih atas informasi nya dengan ini saya bisa ngejain tugas dah :D

    ReplyDelete
  127. saya harap informasinya nambah lemgkap lagi!!!!!
    supaya sangat berguna bagi agama, nusa, dan bangsa!!!

    ReplyDelete
  128. TERIMA KASIH BANGET YAAAAAAAA, tugas pertama gw di SMA

    ReplyDelete
  129. thank'z you ea!!!!!!

    ReplyDelete
  130. thankssssssss..........
    sangat membntu sx.........

    ReplyDelete
  131. Thx bgt Pak Admin. Post'a sgt membntu buat tugas sosiologi. Tq

    ReplyDelete
  132. beccghhhhhhhh kuranang buan.xk............. kwi ae sek ksitik.en sampek" tangan qw ae cuapekkk

    ReplyDelete
  133. alhamdulilah tugas dari ustazah sdh selesai

    ReplyDelete
  134. masih kurang cukup , soal nya saya di suruh guru sosiologi , mencari 20 definisi sosiologi menurut para ahli . di sini cuma ada 13 :(

    ReplyDelete
  135. ada yang tau tidak? siapa yang memberi penyataan bahwa sejarah adalah sesuatu yang telah dilakukan pada masa lampau?

    ReplyDelete
  136. menurut saya : sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tata cara hidup bermasyarakat ..

    ReplyDelete
  137. [...] Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Posted on 29 Maret 2009 by Masyhuri Arifin [...]

    ReplyDelete
  138. Alhamdulillah...................................................................

    ReplyDelete
  139. thanks sangat membantu tugas IPS SMA saya :)

    ReplyDelete
  140. Alhamdulillah tugas zy zudah slesai...

    Mkasiih....
    ^_^

    ReplyDelete
  141. mksh yea.ini sangat membantu sekal..,.,..,.,.,.,.,.

    ReplyDelete
  142. aduuuhhh kurang lengkap ney........

    ReplyDelete
  143. thank"s ya? ini sangat membantu skali

    ReplyDelete
  144. prada rafael aghayevAugust 16, 2011 at 2:55 PM

    ko krang lengkap .. ..

    ReplyDelete
  145. prada rafael aghayevAugust 16, 2011 at 2:55 PM

    komkrang lengkap .. ..

    ReplyDelete
  146. kk w ada tugas sosiologi w di suruh guru cari pengertian sosiologi 45 lembar

    ReplyDelete
  147. semakin banyak semakin baik............

    ReplyDelete
  148. ..siip thank

    ReplyDelete
  149. referensinya darimana yah??apakah anda mendapatkan ini dari buku?? bisa tolong beritahu saya referensi bukunya??? karena dosen saya menyuruh saya mendapatkan pendapat sosiologi dari berbagai tokoh,, namun resensinya harus dari buku...mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  150. pak ada berapa pengertian sosiologi diseluruh dunia....???

    ReplyDelete
  151. makasih bangt tas bantuan nya
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  152. tolong lebih banyak lagi para ilmuwan nya , soalnya masih ada yg blom lengkap

    ReplyDelete
  153. ko' august comte g ada sich? gmna sich........ bnyak tugas nich.... huftt :(

    ReplyDelete
  154. ka tolong dong bikinin makalah tentang kelompok sosial menurut para ahli.....??? ^_^ plis...

    ReplyDelete
  155. makasi buat artikelnya..
    sangat membantu..

    ReplyDelete
  156. makasih ya atas definisinya
    tugas kuliah aq ud bisa selesai skrng..

    ReplyDelete
  157. numpang ngopy yah ^^

    ayo diklik . . . .
    http://hitherechord.wordpress.com/

    hhe makasih

    ReplyDelete
  158. trims yach tulisan nya sgt membantu tgs kuliah saya..

    ReplyDelete
  159. Bagus banget gan infonya, ane lagi buuh definisi ini nih ! :)

    ReplyDelete
  160. aduh...klw blh def. dsmplkan mnjdi stu?

    ReplyDelete
  161. Qu Pucing... mna yg bnr cieh pngrtian sosiologi th bda'' pndpt bngttt

    ReplyDelete
  162. sosiologi mengajarkan kita makin baik sama masyarakat, trimah kasih tuk pencetus2 teory sosiologi

    ReplyDelete
  163. mkazih pda admin
    sukses truz yha....

    ReplyDelete
  164. THANX 4 SHARE !!!! :D

    ReplyDelete
  165. siiiip tanks....artikelnya sangat bagus sekali

    ReplyDelete
  166. ThaNks bNgeT,,,^_^
    tP, kLo biZa reFreNSix jG iKuT TrCaNTum dOnk...~_~
    tP, aLHaMDuLiLLah dEch... ^_^

    ReplyDelete
  167. Menurut saya materi tentang sosiologi ini sudah bagus..... tetapi masih belum lengkap. . . .
    Jadi saya minta kepada yang mempunyai blog ini agar menambahkan
    SOSIOLOGI MENURUT AUGUSTE COMTE . . .
    --Terima Kasih--

    ReplyDelete
  168. Thanks Za. . . . ?
    Tgas dri guru q udh clesai.

    ReplyDelete
  169. thanks admin pengetahuanx sdh di share .. Sangat mMbantu .

    ReplyDelete
  170. Makasih ya, tak terucapkan dengen kata2...
    Good Job...

    ReplyDelete
  171. aku setuju dengan uraian di atas,.,

    ReplyDelete
  172. Kalo bisa dengan referensi ny

    ReplyDelete
  173. Bisa ngak minta referensinya

    ReplyDelete
  174. Tolong dong pengertian sosiologi yg lengkap

    ReplyDelete
  175. ikuti link di sini sosiologi yg lengkapnya

    http://anfa9.com/pengertian-sosiologi/

    ReplyDelete
  176. Mksziih Yaaah. .
    udaah Bntuin Crii Tugsz qu.

    ReplyDelete