Update
Loading...

Kontroversi Peserta X-Factor Indonesia

Masyarakat Indonesia pasti tau dengan ajang pencarian bakat ini, X-Factor. Awalnya merupakan ajang pencarian bakat di wilayah Inggris namun di adakan untuk wilayah Indonesia dengan penyelenggara siaran RCTI. 


Sama halnya pencarian bakat lain, X-Factor menyaring peserta untuk di cari Faktor X yg dimiliki oleh peserta dengan bernyanyi dan dilakukan penjurian lolos tidaknya peserta tersebut. 


Di Indonesia, ajang pencarian bakat ini sudah mulai sejak 2012 yakni pada bulan september. Awalnya dilakukan audisi di Medan Sumatera Utara lalu Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta. Acara ini ditayangkan di RCTI tiap Jum'at malam pada pukul 21.00.
lihat selengkapnya di wikipedia

Dari audisi, lalu Bootcamp peserta yang bertahan hingga showcase sebanyak 13 orang yakni 
  1. Dicky Adam Siregar
  2. Gede Bagus
  3. Mikha Angelo
  4. Fatin Shidqia Lubis
  5. Shena Malsiana
  6. Yohanna Febrianti
  7. Dalagita (grup)
  8. Illusia Girls (grup)
  9. Nu Dimension (grup)
  10. Agus Hafilludin
  11. Alex Rudiart
  12. Isa Raja
  13. Novita Dewi
Dari ketiga belas peserta tersebut, yang membuat kontroversi yaitu adanya peserta yang sudah "PRO" dalam artian mereka sebelumnya sudah menjadi penyanyi professional. Hal ini terungkap dari banyaknya komentar di situs berbagi video youtube. sebut saja salah satu komentator mengenai Alex Rudiart
Alex Rudiart X-Factor Indonesia

MR Aiira
Iri?? Guwe akuin Alex suaranya bagus…Tapi coba lo googling Alex itu siapa Dia udah bisa dikategorikan artis sebelum masuk X Factor. Toh alangkah baiknya X Factor mengasah talenta orang biasa yang punya faktor Xkan? Itu loh maksud guwe, bukan iri.

Hal yang sama di ungkapkan oleh Anas Wahyudi
Kalau begini caranya penyanyi pro boleh ikut X Factor, besok-besok itu Giring Nidji..Armand Maulana..Glen Fredly..Agnes [Monica] dan lain lain ikut aja X Factor..Secara ngapain prof sama amatiran diadu..sekarang kita-kitalah yang harus terus mendukung Fatin…X Faktor seperti pangung sandiwara.
Mengenai Novita Dewi Marpaung, jika anda cari di google akan menemukan halaman wikipedia mengenai perjalanan karirnya. Dikutip dari wikipedia inilah profil Novita Dewi
Novita Dewi Marpaung (lahir di Jakarta, Indonesia, 15 November 1979) adalah seorang Penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan putri dari Jack Marpaung, seorang penyanyi legendaris di kancah musik rock Batak. Dewi sudah menunjukan bakat di dunia tarik suara sejak kecil dan sering mengikuti berbagai kompetisi bernyanyi hingga dijuluki "macan festival". Dewi sempat meraih juara dua pada ajang Cipta Pesona Bintang, Weekly Champion (juara mingguan) Asia Bagus, serta juara pertama Suara Remaja Vinolia RCTI. Prestasi tertinggi Dewi diraihnya saat menjadi juara pertama dalam Astana Song Festival 2005 di Kazakhstan.
Meskpun berjaya di jalur festival, karier Dewi di industri rekaman tidak berjalan dengan mulus. Pada tahun 2008, ia baru berkesempatan merilis album pop pertamanya berjudul Sweet Heart dengan memakai nama Dewi Marfa. Namun, album tersebut gagal di pasaran dan tidak mampu mengangkat namanya. Dewi kemudian lebih banyak berkarier di industri rekaman Batak dan musik rohani. Pada tahun 2010, Dewi bergabung dengan label Nagaswara dan merilis singel berjudul "Jejak Luka".
Dewi kembali tampil di kompetisi musik dengan mengikuti X Factor Indonesia musim perdana. Keikutsertaannya di ajang ini adalah untuk memenuhi keinginan almarhum adiknya. Ia bergabung di tim Bebi Romeo untuk kategori penyanyi 26 ke atas bersama Isa Raja, Agus Hafiluddin dan Alex Rudiart Hutajulu.
Lihat selengkapnya di wikipedia

X Factor Indonesia semestinya jadi ajang pencarian bakat bak mengasah batu alam jadi perhiasan bertahta berlian.
Kutipan diatas menjelaskan maksud dari tujuan awal diadakannya kompetensi pencarian bakat ini. Seharusnya peserta audisi berasal dari masyarakat biasa yang mempunyai talenta untuk bernyanyi untuk menunjukkan bakatnya ke semua orang dan menjadi bintang di Indonesia dengan pengalaman yang sedikit tapi lama-kelamaan bersinar dan bercita-cita menjadi idola baru Indonesia. tapi ini seharusnya tidak berlaku bagi kedua peserta tersebut (Alex dan Novita) dirasa sudah berpengalaman, bahkan mempunyai album dan dinaungi oleh label musik. 
Ada pula beberapa yang pro dengan kedua peserta tersebut, dikutip dari kaskus,
Menanggapi adanya pro dan kontra keikutsertaan Alex Rudiart dalam kontes X Factor Indonesia, its just common opinion.
Ikut kontes menyanyi itu sangat berbeda dgn menjadi penyanyi profesional. Ada batasan2 yg terkadang absurb di salah satunya tp tdk bg yg lainnya. Menjadi penyanyi profesional itu 'one packaging' dmna didalamnya trdpat bnyak faktor a.n: kualitas suara, good looking (baik dr fashion ato wajah), kualitas lagu/album yg dikeluarkan (baik dr segi komersilitas ato eksplorasi genre dll) dan komponen pendukung lainnya, dimana skala prioritas masing2 faktor itu fluktuatif. Akan sangat berbeda jika kita membandingkannya dngn kontes menyanyi. Meski setiap kontes punya konsep penilaian yg berbeda2 namun pd dasarnya faktor suara dan segala sesuatu ttg teknik bernyanyi adalah syarat mutlak dlm sebuah ajang/kontes bernyanyi. Sehingga secara otomatis kita tdk bisa mengcompare keduanya bgtu saja.Banyak jawara2 ajang menyanyi yg trnyata tumbang di saat mereka mengeluarkan sigle atau album, atau bahkan tak ada satu produser pun yg mau merekrutnya.Ataupun sebaliknya Mereka yg sdh profesional blm tentu mampu bersaing di kontes, ataubahkan mereka tak cukup pnya nyali utk mengadu skill mereka walaupun secara pengalaman mereka pnya jam terbang yg tinggi. Mereka tak cukup punya skill untuk bisa membawakan lagu orang lain dengan 'taste' mereka.
Saya salut sama Micky AFI yg beberapa waktu yg lalu sempat tampil di ajang The Voice Indonesia meski akhirnya dia harus pulang, tapi minimal dia sdh berupaya untuk mempertaruhkan semuanya.Kalo memang ada penyanyi pro atau bahkan yg sdh menelorkan banyak album pengen ikut ajang seperti ini, why not?? masyarakat awam juga pasti akan menunggu kejutan2 yg akan terjadi, namun apakah mereka berani mempertaruhkan 'nama besar'nya.. kalo saya pribadi kok g yakin kecuali mereka yg memang secara kualitas memang bener2 kompeten di dunia ini, tapi bagaimana dengan yang hanya modal tampang dll.
Jadi...sebenarnya tdk ada masalah dengan hal ini, saya bukannya fans berat Alex Rudiart, namun cobalah kita menghargai perjuangan yg telah dilakukannya, semua ini tak semudah yang kita lihat, banyak hal yg harus dia pertaruhkan utk mengikuti kontes ini.
Di komentar youtube oleh king ajib:
Setuju sama bang Jefrizal.. nggak apa-apa dong kalo artis ikutan xfactor,, sprti yg gw blng dibawah,, paling hanya segelintir orang lah yg kenal sama bang alex.. mngkin dengan masuk X Factorr,, Ilmu pastinya kan bertambah dan tambah terkenal, lagi pula yang namanya ilmu itu tidak ada habisnya tidak ada batasnya.. harus terus selalu diasah dan dikembangkan.. cobalah memandang sesuatu itu dari dua sisi,, Bukan hanya dilihat dari satu sisi saja.. Kami pasti mengerti apa yang saya maksud.. Buat bang jefri santai,” 


So, kita harus mengembalikan kepada masyarakat mengenai keberadaan penyanyi pro ini. sampai sekarang, kedua penyanyi pro tersebut masih bertahan. itu artinya tetap ada masyarakat yang memilih dan memvote agar mereka tetap bertahan hingga akhir dan menjadi pemenang X-Factor Indonesia.
kita tidak bisa mengendalikan keberadaan kedua penyanyi tersebut karena toh semuanya biarkan masyarakat pemirsa yang menilai. 

 

You Might Also Like

0 komentar