Update
Loading...
,

Cara Saya Verifikasi Paypal dengan VCN BNI

Screenshot Paypal

Dari dulu sudah punya akun paypal tapi tidak diverifikasi lagian balancenya kosong. Tapi akhir-akhir ini saya tertarik untuk menyewa VPS untuk keperluan internet (Baca gretonger). Ada beberapa cara untuk menyewa VPS bisa dengan menggunakan paypal atau kartu kredit. Sudah mencoba mendaftar menggunakan VCN BNI untuk daftar vps tapi ditolak dengan alasan tidak terverifikasi. Agak membingungkan juga tapi ada cara lain yaitu dengan menggunakan paypal.

Perlu diketahui saya sudah memiliki akun paypal sudah lama dan itupun hanya sekedar iseng-iseng membuatnya namun karena masalah belum diverifikasi akhirnya saya "gudangkan" saja akun paypal itu.
Sejak gajian dari google sudah seperti kewajiban bagi para publisher bisa menggunakan paypal. Seperti untuk sewa hosting, domain, vps atau hanya sekedar beli dan sewa menyewa barang/jasa di Internet.

Untuk keperluan tersebut, saya mencoba menggunakan kembali akun paypal. Kebetulan sudah punya rekening BNI maka perlu mencoba yang namanya VCN. (baca apa itu vcn disini).
VCN (Virtual Card Number) adalah nomor kartu virtual terdiri dari 16 angka (digit). Masa berlaku  VCN  adalah 1 jam dan  hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN. Saat ini VCN dapat diperoleh melalui SMS dari sistem BNI ke nomor handphone nasabah pemegang BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking (transaksi financial / non financial)
Ada banyak tahapan atau proses supaya kita bisa menggunakan VCN BNI untuk memverifikasi akun paypal kita.
1. Aktifkan SMS Banking
SMS Banking bisa diaktifkan terlebih dahulu melalui ATM BNI melalui registrasi E-Channel. Namun registrasi hanya sebatas cek saldo atau transaksi non finansial. Anda harus registrasi melalui Costumer Service BNI melalui cabang BNI terdekat. Bilang bahwa anda ingin registrasi SMS banking dengan fitur transaksi.

2. Aktifkan Phonebanking
Sebenarnya langkah ini bisa di-skip bagi anda yang malas telpon-telponan dengan customer service call BNI. Tapi bagi anda yg malas tunggu antrian CS di Bank bisa memakai cara ini untuk meminta kode paypal yang nantinya akan dikirim. Registrasi Phonebanking bisa dilakukan melalui ATM melalui menu layanan E-Channel. Silahkan pilih daftar keanggotaan BNI Phonebanking, nanti anda akan diminta memasukkan nomor HP dan pin phonebanking.

3. Aktifkan VCN.
Belum cukup sampai di SMS banking saja, kita juga perlu mengaktifkan fitur VCN melalui customer call BNI. Jika anda terburu-buru ingin request vcn maka anda akan mendapati sms dari 3346, yang mengharuskan anda menghubungi 500046. Silahkan call 021-500046 dari handphone anda dan pilih 0 untuk berbicara kepada customer service call dan meminta untuk mengaktifkan fitur VCN dan menunggu maksimal 3 hari. Tapi cukup iseng-iseng tekan *141# > BNI > E-Commerce > VCN langsung aktif alias dikirimi nomor seri VCN

4. Jika anda sudah mengaktifkan 3 syarat tersebut sekarang anda bisa registrasi VCN melalui SMS dengan menekan REQ VCN NOMINAL misal REQ VCN 30000 kirim ke 3346 atau melalui *141# > BNI > E-Commerce > VCN. Untuk SMS anda harus memasukkan 2 digit bagian pin anda melalui balasan SMS misal jika diminta digit ke-4 dan ke-5 dari pin anda maka masukkan angka 45 jika pin anda 123456 atau 38 jika pin anda 123386. Pin sms banking anda standarnya adalah 123456 namun anda harus tetap melakukan penggantian melalui SMS ketik PIN PINBARU PINLAMA hal ini juga berlaku jika melalui *141#

Sampai disini anda sudah memiliki VCN terus bagaimana memverifikasi akun paypal anda?
1. Masuk ke akun paypal anda.
2. Klik Get Verified, nanti anda akan disuruh untuk memasukkan kartu kredit. Masukkan data-data yang akan anda isi sesuai dengan SMS yg telah dikirimi kepada anda.
3. Selamat anda telah memasukkan kartu kredit anda. Sekarang tinggal anda melakukan verifikasi
4. Telepon 500046 untuk melakukan verifikasi, ketika anda mendengar "silahkan masukkan 16 digit kartu anda", langsung masukkan 16 digit yang ada pada kartu ATM anda setelah itu anda akan disuruh memasukkan pin phonebanking yang telah anda masukkan sewaktu mengaktifkan phonebanking melalui ATM
5. Tekan 0 lalu anda akan berbicara kepada customer service, silahkan minta kode paypal kepada cs nya, "Mbak minta kode paypal" otomatis mbak csnya akan mengerti. Tapi sebelumnya anda akan ditanya mengenai nomor rekening,  tempat tanggal lahir dan nama ibu kandung. Silahkan jawab perihal yang diminta. Jika data yang anda berikan sesuai, anda juga akan ditanya mengenai transaksi kapan yang akan dicekkan kodenya. Jika hari ini telah memasukkan VCN ke paypal maka jawablah bahwa tanggal hari ini pula yang akan dicekkan. Setelah itu anda telah diberi kode paypal tersebut. Catat dan pastikan tidak salah. Selamat anda telah mendapat kode verifikasi
6. Masuk kembali ke akun paypal anda, pilih get verified lalu masukkan 4 digit kode paypal yang telah anda minta tadi.
7. Selamat anda telah berhasil memverifikasi akun paypal anda.

Selanjutnya anda tinggal memakai jasa isi saldo paypal atau mencari pundi-pundi $ di internet untuk tetap terus bertransaksi

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bisa gak gan kalo kita belanja online bberapa kali menggunakan paypal dengan vcn bni tanpa kartu kredit? Soalnya saya ditelpon oleh pihak paypal setelah transaksi 2x saya, katanya jangan pakek vcn lagi.

    ReplyDelete