Update
Loading...

Pelajaran Komputer

BAB I
ETIKA DAN MORAL DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER
1.1 Contoh Hak Cipta Perangkat Lunak
Dalam menciptakan sesuatu memerlukan waktu, tenaga, pikiran dan biaya. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita menghargai karya orang lain. Cara yang layak untuk menghargai karya orang lain adalah dengan melindungi secara hukum sehingga tidak dapat digunakan orang tanpa mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Dalam hal ini prosedur perlindungan terhadap karya orang lain diatur dalam Undang-Undang Hak cipta.
Dengan berlakunya Undang-undang Hak cipta tersebut, berarti rakyat sebagai bagian dari pengguna produk perangkat lunak tertentu dengan sendirinya terkait secara hukum untuk mematuhi Undang-Undang tersebut.


1.2 Menghargai kreasi Orang lain
Dalam menghargai karya orang lain merupakan hal yang sangat positif dan mulia. Apabila karya seseorang diakui dan dihargai orang tersebut cenderung lebih termotivasi lagi untuk berkreasi lebih baik. Hal ini berlaku untuk semau bidang termasuk bidang komputer baik perangkat lunak maupun perangkat keras.
Adapun cara mengharagai kreasi orang lain, diantaranya;
• Memakai/menggunakan ciptaan orang lain
• Tidak membeli karya/ciptaaan orang lain secara illegal atau tidak resmi (bajakan)
• Menghindari mengkopi secara tidak sah illegal copy program perangkat lunak hasil karya/ciptaan orang lain.
• Menghindari mengubah/memodifikasi program orang lain
• Menghindari mengedarkan hasil kopian secara sah.

1.3 Menghindari Mengkopi secara tidak sah
Yang dimaksud dengan mengkopi secara tidak sah adalah menggadakan jumlah suatu ciptaan dengan cara pembuatan yang sama maupun bahan yang tidak sama yang berbeda dari aslinya. Pengkopian program secara tidak sah yang umumnya digunakan untuk keperluan kepentingan pribadi maupun komersial hendaknya dihindari karena pengkopian secara tidak sah adalah bentuk pelanggaran hak cipta khususnya hak cipta perangkat lunak.
Contoh-contoh mengkopi secara tidak sah misalnya compact disk (CD) yang dijual oleh oleh Microsoft Corp yang berisis program Microsoft office seharga Rp. 500.000 tetapi karena ingin yang murah atau ingin menjual/memasarkan CD program Microsoft Office yang asli tersebut dikopi dan diperbanyak ke CD kosong seharga Rp.10.000 dan kemudian dijual dengan harga rp. 20.000 akibatnya CD yang asli kurang laku dipasaran karena begitu banyak CD copian yang beredar dengan harga yang jauh lebih murah.

1.3 Menghindari Memodifikasi program orang lain
Mengubah/memodfikasi program orang lain yang kemudian diakui sebagai hasil karya kita sendiri dengan maksud untuk mendapatkan keruntungan yang besar atau membuat terkenal, kemudian dipublikasikan secara umum sehingga orang lain tidak tahu bahwa hasil ciptaan tersebut adalah hasil dari mengubah atau memodifikasi hasil karya orang lain. Jika hal tersebut diketahui oleh penciptanya, maka hal tersebut dapat diadukan kepada pihak yang berwajib sebagai pelanggaran hak cipta yang konsekuensinya kita dapat didenda atau mendapat kurungan penjara sesui dengan ketentuan dalam Undang-undang. Untuk itu kita perlu memiliki moral etika yang berkaitan dengan hak cipta sehingga tidak merugikan penciptanya yang dengan susah payah menghasilkan kreasi tersebut.

Soal Latihan

1. Berikan pengertian tentang hak cipta !
2. Jelaskan cara-cara menghargai kreasi orang lain ?
3. Apa sanksi yang akan didapat oleh seseorang bila menganggap karya orang lain sebagai ciptaannya sendiri /
4. Apakah menyalin atau mengkopi pekerjaan orang lain termasuk pelanggaran hak cipta /
5. Apa yang membuat seseorang melakukan pekerjaan mengkopi karya orang lain ? Jelaskan

BAB II
SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS
I. CARA MEMULAI/ MENGAKTIFKAN KOMPUTER
1. Tekan tombol Power pada CPU dan Monitor
2. Mula- mula komputer akan melakukan Starting, kemudian
mengeluarkan logo Microsoft Windows 2000
3.Tunggu beberapa saat, hingga muncul tampilan utama Microsoft
Windows pada layar (Dekstop) seperti dibawah ini :

Gambar 1. Area Desktop

II. Cara Mematikan Komputer
1. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif
2. Klik tombol start dan pilih menu turn off atau shut down
3. Pilih turn off the computer
4. Klik yes, lalu tekan tombol power pada menitor, CPU biasanya mati secara otomatis.

Gambar 2 Kotak dialog turn off

d. Cara Pengoperasian Mouse
Dalam pengoperasian mouse, ada beberapa macam perintah yang dapat dibuat, antara lain :
• Klik : Menekan tombol mouse sebelah kiri 1x yang berarti menunjuk tool.
• Double klik : menekan tombol mouse sebelah kiri 2 x tanpa selang, yang bgerarti membuka dan mengaktifkan program yang kita klik.
• Triple klik : menekan tombol mouse sebelah kiri 3 x tanpa selang, yang berarti memblok( menyorot ) satu alinea.
• Drag : menekan tombol mouse sebelah kiri tanpa dilepas dan digeser, berarti memblok (menyorot) dan memindahkan objek
• Klik kanan : menekan mouse menu baik pada Windows maupun Microsoft Office.
I. Menerapkan Manajemen Folder dan FILE
Dalam jendela windows –98 semua subdirektory akan diwakili oleh suatu folder. Folder-folder ini dan juga icon file dapat ditampilkan melalui jendela my computer atau jendela windows explorer. Manajemen file dan file serupa dengan manajemen direktory dan file dalam mode MS-DOS, sehingga kita mengenal pula subfolder sebagai tempat menyimpan file. Melalui fasilitas yang ada pada jendela my computer dan windows explorer dapat dilakukan membuat, menghapus, menyalin/mengirim, menganti nama folder secara cepat dengan menggunakan mouse. Dalam tampilan jendela windows explorer dibagian kiri jendela bagian kiri memuat suatu icon drive dan folder sedangkan bagian kanan memuat isi drive dan subfolder. Isi setiap icon drive dan folder dijendela kiri dapat ditampilkan dijendela kanan dengan menglik satu kali drive atau folder tersebut. Untuk menampilkan isi subfolder tersebut klik satu kali kemuadian pilih menu file open. Menampilkan folder-folder ini fungsinya sama dengan perintah DIR dalam mode MS dos.
Untuk membuat folder baru jalankan jendela windows explorer, kemudian klik icon drive lokasi folder dengan nama new folder. Anda dapat menganti nama folder tersebut dengan nama lain setelah itu klik tombol mouse untuk mengakhirinya. Jika anda ingin membuat subfolder pada suatu folder tertentu klik ganda lebih dahulu folder tersebut kemudian lakukan langkah-langkah


Menu Windows Eplorer pada bagian kiri merupakan tempat Folder, sedangkan pada bagian kanan adalah isi dari drive/folder yang aktif atau yang dibuka. Gunakan mouse untk melihat file yng berada di bawah layar dengan mengklik Vertikal Scroll Bar atau Horisontal Scroll Bar.
Untuk mengaktifkan/membuka drive/folder yang lain klik 1 kali pada drive foldernya. Sementara itu, jika ingin mengaktifkan folder yang berada disebelah kanan, klik 2x pada icon foldernya yang berwarna kuning.
1. Membuat Folder Baru
• Pilih drive target, tempat folder baru akan dibuat, misalnya drive C.
• Pilih File – New sehingga memunculkan New Folder.
• Ketik nama folder, misalnya HAR 1, HAR 2 dan HAR 3 yang diikuti dengan menekan Enter

Folder foto berhasil dibuat
2. Mengcopy atau Memindahkan File / Folder
• Klik 1x File/folder HAR 2 Yang akan di-Copy atau dipindahkan
• Pilih Edit – Copy (Cut) atau Klik icon Copy/Cut
• Pilih drive/folder target, tempat file tersebut akan di-Copy
• Pilih Edit – Paste atau Klik icon untuk melakukan proses pengkopian atau pemindahan

3. Mengubah Nama File/Folder
• Klik 1x File/Folder HAR 3 yang namanya akan diubah
• Pilih File – Rename, kemudian ketik nama file yang baru HAR 4
• Enter

4. Menghapus File/Folder
• Klik 1x File Folder HAR 4 yang akan dihapus
• Pilih File – Delete atau klik ico Delete atau tombol Delete
• Klik Yes jika ingin menghapus dan Klik No untuk membatalkan

II. MENGGUNAKAN CONTROL PANEL (KOFIGURASI KOMPUTER)
1. Klik tombol
2. Pilih Setting – Control Panel
3. Kemudian, tampilan Control Panel
pada menu Control Panel terdapat menu-menu item sebagai berikut:
• Add New Hardware: menambah hardware baru ke dalam komputer (Plug & Play)
• Add/Remove Program: menambah/mengurangi program-program yang ada di Windows 2000
• Date/Time: mengatur tanggal dan jam
• Keyboard : mengatur konfigurasi keyboad
• Display : mengatur tampilan layar
• Fonts : menambah/mengurangi koerksi Fonts (huruf-huruf) pada sisitem
• Mouse : mengatur konfigurasi mouse
• Printer : mengatur jinis printer yang digunakan
• Regional Setting: mengatur sistem menarik menurut negara yang dipilih

a. Mengubah Data Time (Mengubah Konfigurasi Tanggal dan
waktu
1. Klik dua kali icon Date/Time pada Control Panel atau pojok kiri Taskbar
2. Akan muncul menu Date/Time Properties
3. Setting pada menu yang ada:
• Date: mengubah tanggal,bulan dan tahun
• Time: mengubah jam, menit, dan detik
4. Klik OK.

Latihan 1
1. Aktifkan kotak dialog Date/Time
2. Ubahlah tanggal menjadi 17Agustus 2004, dan waktu menjadi
08:30:00 PM
3. Kalau sudah selesai, lihat di pojok kiri atau kanan Taskbar apakah tanda waktu sudah berubah atau belum
4. Kemudian, ubah kembali ke tanggal dan waktu sekarang
b. Display dan Desktop Themes (Mengatur Tampilan Dekstop/Layar.
1. Klik dua kali icon Display atau Desktop Themes pada Control Panel
2. Selanjutnya, menu Display Properties akan muncul seperti berikut:
3. Menu ini terbagi menjadi 5 pilhan, yaitu Bacground, screen Saver, Web Appreance, dan setting,

1. Background (Gambar latar belakang pada dekstop)
Apabila tampilan latar belakang layar area kerja (desktop) membosankan, Anda dapat menggatinya dengan tampilan yang lebih menarik , dengan menggunakan langkah berikut:
1. Arahkan penunjuk mouse pada area kerja (desktop) Windows yang kosong, kemudian klik tombol mouse sebelah kanan, untuk menampilkan menu shortcut.Pada menu shortcut tersebut, pilih dan klik menu Properties sehingga kotak dialog Display Properties ditampilkan
2. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Background. Lihat Gambar. 9
3. Pada kotak daftar pilihan, pilih dan klik:
• Patern: arsiran
• Wallpaper: gambar
• Tile: bersambung
• Center: di tengah layar
4. Klik OK
2. Screen Saver
Pengaman layar (screen saver) adalah untuk mengosongkan layar secara otomatis atau mengisi layar dengan gambar bergerak apabila dalam jangka waktu tertentu Anda tidak menggunakan tombol keyboard atau mouse. Fasiltas ini berguna untuk mencegah kerusakan layar lebih cepat akibat hantaman partikel elektron dari dalam tabung monitor secara terus menerus di tempat yang sama. Untk menggunakan pengaman layar (screen saver), ikuti langkah berikut :
1. Arahkan penunjuk mouse pada area kerja (desktop) Windows yang kosong, kemudian klik tombol mouse sebelah kanan yang akan memunculkan menu shortcut. Pada menu shortcut tersebut pilih dan klik menu Properties sehingga kotak dialog Display Properties ditampilkan
2. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Screen Saver. Lihat Gambar 10.
3. Pada kotak daftar pilihan, pilih dan klik:
• Srcreen saver: jenis tampilan yang akan muncul ketika computer tidak digunakan -Setting: mengatur konfigurasi Screen Saver yang di pilih
• Preview: test Screen Saver
• Wait: mengatur waktu muncul Screen Saver
• Low-Power Stanby dan Shut off: mengatur kapan monitor akan mati bila sedang tidak dipakai.
4. Klik OK

3. Appearance (Warna Desktop dan Menu Bar)
Agar tampilan area kerja (desktop) Windows terlihat menarik dan tidak membosankan, Anda dapat mengganti jenis huruf dan warna tampilan area kerja ( desktop) dengan menggunakan langkah berikut:
1. Arahkan penunjukmouse pada area kerja (desktop) Windows yang kosong, kemudian klik tombol mouse sebelah kanan untuk menampilkan menu shortcut. Pada menu shortcut tersebut, pilih dan klik menu Properties sehingga kotak dialog Display Properties ditampilkan
2. pada kotak dialog tersebut, klik tab Appearance. Lihat Gambar
3. Pada kotak daftar pilihan, pilih dan klik:
• Scheme: memilih warna dekstop yang sudah ada
• Item: memilih bagian-bagian menu yang akan diwarnai
• Font: memilih jenis huruf akan ditampilkan pada bagian-bagian menu
• Size: mengatur ukuran huruf/font
• Color: memilih warna bagian menu item yang diplih
• Bold: menebalkan huruf
• Italic: memiringkan huruf
• Save As: menyimpan informasi file berisi informasi warna dekstop
• Delete: menhapus file yang berisi informasi warna dekstop
4.Klik Apply untuk melihat sementara tampilan warna yang sudah diplih.
5.Jika sudah selesai mengatur konfigurasi semua menu Display Properties, klik
6. OK.
4. Setting
Pada suatu saat, mungkin anda perlu mengganti atau mengatur resolusi tampilan layar monitor agar sesuai dengan programaplikasi yang Anda gunakan. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Arahkan penunjuk mouse pada area kerja (desttop) Windows yang kosong, kemudian klik tombol mouse sebelah kanan. Selenjutnya, menu shortcut akan ditampilan. Pada menu shortcut Properties sehingga kotak dialog Disply Properties di tampilkan.
2. Pada kotak dialog tersebut, klik tab settings lihat gambar
3. Pada kotak daftar pilihan color pilh dan klk jumlah tampilan warna yang Anda inginkan
4. Pada kotak Screen Area, pilih resolusi tamplan layar monitor dengan cara menggeser tombol penggeser (slider)
5. Jika sudah selesai, klik OK.

BAB III

MENGIDENTIFIKASI PROGRAM APLIKASI MICROSOFT WORD

I. MENJALANKAN PROGRAM WORD 2000
Untuk memulai microsoft woed (MS-word) dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang paling tepat mudah yaitu melalui shortcut bar dengan jalan menglik icon dari MS-word. Cara lain yang umum digunakan apabila shortcut bar ini tidak ada yaitu ikuti langkah berikut ini.
• Klik start pada taks bar
• Sorot atau klik program
• Kilk microsoft Word, tunggu sejenak hingga jendela MS- word tampil
Untuk mengenal bagian-bagian dari jendela MS-word perhtikan gambar 1, yang mana bagian-bagian tersebut terdiri dari:
• Title bar (baris judul0 yang terletak pada bagian atas jendela yang menampilkan nama program dan nama dokumen yang ktif
• Menu bar (baris menu) yang berisi menu utama yang disediakan oleh MS- word, terletak dibawah baris judul. Menu ini terdiri atas File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Win'dow, dan Help.
• Baris Toolbar (Toolbars), berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah-perintah yang sering digunakan
• Boris Penggulung (Scroll Bar), untuk mengeser layar ke kiri atau ke kanan gunakan baris penggulung mendatar(Horizontal scroll bar) dan untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah gunakan baris penggulung tegak (Vertical scroll bar)
• Office Assistant, ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang rnenarik. Office Assisstant akan banyak membantu Anda pada saat bekerja dengan Word 2000
• Titik Sisip (Insertion Point), berbentukgaris vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang Anda ketik akan muncul pada posisi titiksisipini.
• Tombol Ukuran (Sizing Button), untuk mengubah ukuran tampilan layar apakah berukuran sedang, full screen, atau hilang sama sekali dari moni¬tor. Tombol-tombol ukuran ini biasanya terletak di sudut kanan atas layar dan bentuknya seperti berikut.

• Garis Mistar Mendatar (Ruler), untuk memperlihatkan batas margin kiri dan kanan serta batas-batas indentasi.
• Tombol View, digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal View, Web Layout View, Print Layout View atau Outline View).
• Baris Status (Status Bar), untuk mcnampilkan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan posisi titik sisip
Sekarang berada. Pada baris status ini ditampilkan pula tombol indikator untuk memperlihatkan modus yang sedang aktif.

C. MENGENAL KOTAK DIALOG
Ketika Anda bekerja dengan Word 2000, Anda pasti menemui dan menggunakan kotak dialog. Bagian-bagian yang biasanya ada pada kotak dialog di antaranya;
• Tab, digunakan untuk menampilkan pilihan lain pada kotak dialog.
• Tombol Close, digunakan untuk menutup kotak dialog.
• Tombol Help, digunakan untuk menampilkan keterangan dari setiap bagian kotak dialog yang dipilih.
• Kotak Daftar Pilihan, berisi beberapa pilihan perintah yang ditampilkan dalam bentuk daftar. Jika daftar pilihan perintah berjumlah banyak, gunakan baris penggulung untuk melihat daftar perintah lainnya.
• Tombol Perintah, digunakan untuk mengakses, melaksanakan, atau mcmbatalkan suatu perintah (opcrasi).
• Tombol Daftar Pilihan, hiasa juga disebut tombol drop-down, yang bcrfungsi untuk mcnamp'lkan daftar pilihan perintah. 51 Kotak Cek, digunakan unliik mcinilih altcrnatif perintah yang telah disodiakan p;ida kolak dialog dengan member! tanda centang (cek).
• Tombol pilihan, biasanya bentuknya bulat yang fungsinya hampir sama dengan kotak cek. Tombol pilihan yang sudah Anda pilih biasanya menampilkan tanda titik hitam di tcngahnya.
• Kotak Isian digunakan agar Anda dapat mengetikkan sesuatu sesuai dengan keinginan. Misalnya nama file, angka mulai pencetakan, batas margin, waklu, ukuran font, dan lain-lain.

C. MENGGUNAKAN TOOLBAR
Word 2000 pada keadaan defaultnya akan menampilkan dua baris toolbar, yaitu baris toolbar Standard dan baris toolbar Formating. Lihat gambar 2.4
Untuk menggunakan salah satu tombol toolbar tersebut, Anda cukup melakukan dengan cara memilih dan mengklik tombol toolbar yang diinginkan.
Apabila diperlukan. Anda dapat memilih tampilan baris toolbar lain sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
1. Pilih dan klik menu View, Toolbars.
2. Pilih dan klik baris toolbar yang mgin ditampilkan atau yang ingin di
sembunyikan.
Selanjutnya, jika Anda ingin menambah atau mengurangi kelengkapan baris toolbar yang ada, pilih dan klik tombol toolbar Add or Remove Buttons, Kemudian, pilih dan klik tombol toolbar yang ingin disertakan atau yang ingin dibuang.

D. KELUAR DARI WORD
Setelah Anda selesai bekerja dengan Word, Anda dapat mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut:
1. Simpan lembar kerja atau dokumen yang sudah Anda buat atau jika belum membuat dokumen, langsung ke langkah 2.
2. Pilih salah satu langkah berikut untuk mengakhiri penggunaan Word:
• Pilih dan klik menu File. Exit. Lihat gambar
• Klik tombol Close (X) yang berada di pojok kanan atas jendela (layar);
• Klik dua kali Icon Kontrol Menu yang berada di pojok kiri atas dari jendela Word.
• Tunggu sampai jendela Word ditutup.

BAB V
MEMBUAT DOKUMEN BARU
MENGGUNAKAN MICROSOFT WORDS
A. MEMBUAT DOKUMEN BARU
Untuk memulai pengetikan, Anda harus membuka program Microsoft Word terlebih dahulu (membuka Microsoft Word telah dibahas di Bab 5). Setelah Anda membuka Microsoft Word, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document I akan ditampilkan secara otomatis dan siap digunakan. Kursor akan muncul di sudut kiri atas daerah pengetikan teks.
Ketika mulai mengetik, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor. Jika teks yang sedang Anda ketik mencapai akhir baris di batas kanan, teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis akan pindah ke awal baris berikutnya (word wrap). Anda dapat juga menggunakan tombol Enter untuk memindahkan kursor ke baris berikutnya jika Anda ingin memulai pengetikan di baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong, atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mempunyai kemampuan untuk mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu Anda menekan tombol Enter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui dimana suatu paragraf bermula dan berakhir pada dokumen Anda.

Latihan 1

Ketiklah naskah berikut ini hingga selesai !

1. Ketika Anda bekerja, tanda paragraf (seperti huruf “q”) mungkin tidak ditampilkan. Untuk menampilkan atau menyembunyikan tanda paragraf, pilih dan klik tombol toolbar show/Hide yang ada pada baris toolbar Standard.

B. MENYIMPAN DOKUMEN
Setelah selesai bekerja, Anda dapat menyimpan naskah di dalam disket atau dalam hard disk.
3. Simpan naskah di atas dengan nama file TEKNOLOGI.DOC
Menyimpan dokumen untuk pertama kali dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah berikut:
1. Pilih dan klik menu file, Save atau klik tombol toolbar Save.
Selanjutnya, kotak dialog Save As akan ditampilkan. Lihat Gambar
2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih drive dan folder tempat Anda akan menyimpan file.

3. Pada kotak isian File name, ketik TEKNOLOGI (nama file yang Anda inginkan)
4. Klik tombol perintah Save.
Anda dapat juga menyimpan file cara tepat, yaitu hanya dengan mengklik tombol toolbar Save yang ada pada baris toolbar yang berbentuk gambar disket.

C. MENUTUP NASKAH
Jika naskah telah selesai dan tidak akan disunting (diedit) lagi, Anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik menu File, Close (Ctrl+W).

D. MEMBUKA KEMBALI NASKAH/FILE YANG ADA
Untuk membuka kembali file dokumen yang ada, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu file, Open (Ctrl+O) atau klik tombol toolbar Open. Kemudian, kotak dialog Open akan muncul. Lihat gambar 6.4.
2. Pada tombol daftar pilihan Look in, pilih dan klik drive dan folder tempat dimana file tersimpan.
3. Pada kotak isian Pada kotak isian File name, ketikkan nama file dokumen yang Anda inginkan, misalnya TEKNOLOGI atau klik dua kali pada list (daftar) file yang tampak pada kotak dialog Open.
4. Klik tombol perintah Open. Tunggu hingga naskah dalam file TEKNOLOGI.DOC ditampilkan dilayar.
5. Tambahkan naskah TEKNOLOGI.DOC sehingga hasilnya seperti terlihat di bawah ini!

6. Simpan kembali naskah di atas dengan perintah File, Save! (menyimpan kembali setelah penambahan tanpa membuat nama file baru).
E. MENGATUR PERATAAN TEKS
Naskah yang telah tersimpan, pada suatu saat Anda mungkin perlu menyuntingnya (mengeditnya) agar sesuai dengan kebutuhan dan tampil lebih baik. Penyuntingan terhadap suatu dokumen, di antaranya dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.
Perataan teks dalam paragraph dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), di tengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify). Untuk mengatur perataan teks pada suatu paragraf, ikuti langkah berikut:
a. Pilih atau tempatkan titik sisip pada paragraf yang perataannya ingin diatur.
b. Pilih dan klik menu Format, Paragraph sehingga kotak dialog paragraph ditampilkan.
c. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing. Lihat Gambar
d. Pada tombol daftar pilihan Aligment, pilih perataan teks yang diinginkan
• Left, untuk perataan kiri
• Centered, untuk penempatan di tengah
• Right, untuk perataan kanan
• Justified, untuk perataan di kiri dan kanan
e. Contoh format paragraf yang Anda pilih dapat dilihat pada kotak Preview.
f. Klik OK. Untuk lebih jelasnya kerjakan contoh dibawah ini

Latihan 2
Bukalah File (File Open) TEKNOLOGI.DOC! Aturlah perataan sehingga:
• Judul ditengah
• Paragrah 1 rata di kiri (Align Left)
• Paragraf 2 di tengah (center)

• Paragraf 3 rata kanan (Align Right)
• Paragraf 4 rata kiri/kanan (Justify)

1. simpan naskah File Save As ‘ketik Rata.DOC!
Hasil setelah dilakukan Format paragraf seharusnya seperti berikut

F. MENGATUR JARAK SPASI BARIS
Untuk mengatur jarak spasi baris, ikuti langkah berikut ini:
1. tempatkan titik sisip pada paragraf yang jarak spasinya akan diatur
2. pilih dan klik menu Format, Paragraf sehingga kotak dialog paragraf ditampilkan.
3. pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing.
4. Kotak isian before diisi dengan jarak spasi sebelum paragraf
5. Kota isian after diisi dengan jarak spasi sesudah paragraf.
6. Kota daftar pilihan line spa pilihan line space diisi dengan jarak spasi sesudah paragraf.
• single untuk satu spasi
• 1.5 lines, untuk jarak satu setengah spasi
• double, untuk jarak spasi dua
• Exactly, untuk menentukan jarak spasi yang pasti
• Multiple, untuk menjadi tiga dan double menjadi empat.

G. MEMBUAT FILE BARU

Anda dapat membuka dokumen baru yang masih kosong dengan mengikuti langkah berikut ini
1. Pilih dan klik menu File, New atau klik tombol New.
Selanjutnya, kotak dialog New akan ditampilkan
2. pada kotak dialog tersebut, klik tab General. Lihat gambar
3. pilih dan klik icon Blank Document.
4. klik OK.
Ketika ingin membuat dokumen baru, Anda dapat juga menggunakan template yang sudah disiapkan oleh Word 2000. Template adalah rancangan dasar suatu dokumen termasuk ukuran halaman, orientasi, ukuran huruf, jenis huruf, posisi tab, margin, tabel, kolom dan lain-lain.
Untuk menggunakan template yang sudah siap pakai, ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih dan klik menu File, New yang selanjutnya akan memunculkan kotak dialog
2. pada kotak dialog New tersebut, klik tab yang sesuai dan klik icon template yang Anda inginkan. Sebagai contoh bila Anda bermaksud membuat surat, klik tan Letters & Faxes, kemudian pilih dan klik icon Contemporary Letter. Lihat Gambar.
3. Klik OK. Dengan langkah ini, jendela-jendela kerja baru yang berisi template yang Anda pilih akan ditampilkan.

BAB IV

MENGEDIT DOKUMEN

A. MENGGERAKAN KURSOR

Untuk memindahkan kursor, Anda dapat mengarahkan dan mengklik penunjuk mouse yang menyerupai huruf I (I-beam) pada posisi baru yang diinginkan.
Selain menggunakan mouse, Anda dapat juga memindahkan kursor dengan menggunakan tombol arah pada keyboard.
Tombol Keterangan

Memindahkan kursor satu karakter ke kiri atau ke kanan

Memindahkan kursor satu baris ke atas atau ke bawah
Ctrl +
Memindahkan kursor ke awal kata berikutnya
Ctrl +
Memindahkan kursor ke awal kata sebelumnya
Ctrl +
Memindahkan kursor ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl +
Memindahkan kursor ke awal paragraf yang sedang dipilih
Home Memindahkan kursor ke awal (ujung kiri) baris
End Memindahkan kursor ke awal (ujung kanan) baris
PageDown Memindahkan kursor satu layar ke bawah
PageUp Memindahkan kursor satu layar ke atas
Ctrl + PageDown Memindahkan kursor ke dasar layar
Ctrl + PageUp Memindahkan kursor ke puncak layar
Ctrl + Home Memindahkan kursor ke awal dokumen
Ctrl + End Memindahkan kursor ke akhir dokumen
Shift + F5 Memindahkan kursor ke tempat yang baru Anda EDIT

B. MEMILIH DAN MENYOROT TEKS
Jika Anda hendak mengedit (menyunting) atau mengatur format tampilan teks tertentu, Anda harus memilih (menyorot) teks tersebut terlebih dahulu Anda dapat memilih (menyorot) teks dengan menggunakan mouse, keyboard atau kombinasi keduanya tergantung dari banyaknya teks yang dipilih.

1. Memilih (menyorot) Teks Menggunakan Mouse
Perintah Cara
Menyorot satu kata Klik dua kali pada kata yang Anda pilih
Menyorot satu kalimat Sambil menekan tombol Ctrl, klik kalimat yang akan dipilih
Menyorot satu paragraf Klik tiga kali pada paragraf yang akan dipilih atau tempatkan penunjuk mouse pada selection bar sampai keluar tanda panah, kemudian klik dua kali. Selection bar adalah daerah kosong di kiri daerah pengetikan teks
Menyorot satu atau beberapa baris teks Klik pada selection bar dari baris yang akan dipilih. Geser (drag) pada selection bar untuk memilih beberapa baris
Menyorot seluruh dokumen Sambil menekan tombol Ctrl, klik selection bar atau tekan Ctrl+ A atau klik tiga kali pada selection bar
Melepaskan pilihan/sorotan Klik di sembarang tempat di dalam jendela dokumen.

2. Memilih (menyorot) Teks Menggunakan Keyboard
Perintah Cara
Menyorot teks Tempatkan titik sisip pada posisi awal teks, sambil menekan tombol Shift, tekan tombol panah melewati teks yang akan dipilih
Menyorot teks sampai akhir baris Tempatkan titik sisip di posisi awal teks yang akan dipilih, kemudian tekan tombol Shift+End
Menyorot teks sampai awal baris Tempatkan titik sisip di posisi akhir teks yang akan dipilih, kemudian tekan tombol Shift+Home
Melepaskan pilihan Tekan salah satu tombol panah.

Selain menggunakan mouse dan keyboard, Anda dapat juga melakukan pemilihan teks dan posisi titik sisip sampai ke posisi yang diinginkan dengan mengikuti langkah berikut ini:
1. Tempatkan titik sisip pada posisi awal dari teks yang ingin dipilih
2. tekan tombol F8 untuk mengaktifkan modus Extend selection dan menghidupkan indikator EXT yang ada pada baris status.
3. tekan tombol panah di keyboard melewati teks yang akan dipilih atau klik bagian akhir dari teks yang dipilih. Jika perlu, gulung dahulu layar sehingga bagian akhir teks terlihat.
4. tekan tombol Esc atau klik dua kali pada indikator tersebut untuk mematikan modus Extend Selection
2. Memilih (menyorot) Teks Menggunakan Keyboard
Perintah Cara
Menyorot teks Tekan F8 dua kali
Menyorot kalimat Tekan F8 tiga kali
Menyorot paragraf Tekan F8 empat kali
Menyorot section Tekan F8 lima kali
Menyorot dokumen Tekan F8 enam kali
Mematikan modus Extend Selection Tekan Esc atau Klik dua kali indikator EXT pada baris status.

C. MENGHAPUS/MEMBETULKAN NASKAH
Dokumen yang telah Anda ketik, pada suatu saat mungkin perlu disunting (diedit) agar sesuai dengan kebutuhan. Penyuntingan terhadap suatu dokumen dapat dilakukan dengan berbagai cara.
Ketika proses pengetikan sedang berlangsung, Anda mungkin menggunakan beberapa tombol berikut ini untuk memudahkan proses menyunting teks yang sedang diketik.
 Untuk menghapus satu karakter di kiri kursor, gunakan tombol Back space.
 Untuk menghapus satu karakter di kanan kursor, gunakan tombol Delete.
 Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru diketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl + Y) atau klik tombol toolbar Redo.
 Untuk menghapus teks yang baru saja diketik, pilih menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol toolbar Undo.
 Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf gunakan tombol Shift+ Enter. Dengan langkah ini Word 2000 akan menyisipkan line-break character (karakter pemisah baris).
 Untuk mengaktifkan modus tindih (timpa), klik dua kali indikator OVR yang ada pada baris status (status bar) atau gunakan tombol Insert pada keyboard. Pada modus tindih (timpa), teks yang dimasukkan akan mengganti teks yang ada.

Latihan

1. Bukalah file (TEKNOLOGI.DOC!
2. Lakukan perintah-perintah berikut:
a. Hapuskan kata “KOMUNIKASI” pada judul
b. Tulis kata ““KOMUNIKASI” kembali pada tempat/posisi yang sama
c. Gantilah kata “teknologi” baris kedua paragraf pertama dengan kata “technology”.
d. Gantilah kata “informasi” dengan kata d “informatin”. Pada paragraf pertma baris kedua
e. Gantilah kata “dasawarsa” dengan kata “sepuluh tahun”. Pada paragraf keempat baris pertama
3. Simpan naskah yang sudah diedit dengan nama file EDIT.DOC.

D. MENYALIN TEKS (COPY)
Untuk menyalin teks yang dipilih (disorot) ke lokasi lain. Ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih (sorot) teks yang kan di salin
2. Pilih dan klik menu Edit, Copy atau tekan tombol toolbar Copy.
3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru di bawah paragraf 2.
4. Pilih dan klik menu Edit, Paste atau tekan tombol toolbar Paste.

E. MENGHAPUS TEKS
Untuk menghapus teks. Ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih (sorot) teks yang kan dihapus.
2. Pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol toolbar Delete.
F. MEMINDAHKAN TEKS
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih (disorot) ke lokasi yang baru. Ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih (sorot) teks yang kan dipindahkan
2. Pilih dan klik menu Edit, Cut atau tekan tombol toolbar Cut.
3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru di posisi paragraf 1
4. Pilih dan klik menu Edit, Paste atau tekan tombol toolbar Paste. Apabila anda akan memindahkan atau menyalin teks di dalam daerah pengetikan teks yang terlihat di layar, akan lebih cepat memindakhan atau menyalinnya dengan cara menggeser mouse (Drag & Drop), dengan menggunakan langkah berikut ini :
1. Pilih (sorot) teks yang akan dipindahkan atau disalin.
2. Arahkan penunjuk mouse pada teks yang dipilih (disorot) hingga menunjuk mouse itu berubah bentuk menjadi gambar tanda panah.
3. Geser (drag) teks tersebut ke posisi baru yang diinginkan. Pada saat anda menggeser mouse akan berubah bentuk menjadi gambar tanda panah dengan kotak di bawahnya.
4. Setelah teks tersebut berada di tempat tujuan, lepaslah (drop) tombol mouse.

G. MENGGUNAKAN FASILITAS UNDO DAN REDO
Jika membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, Anda dapat membatalkan perintah yang telanjur di berikan tersebut. Misalnya anda salah menghapus suatu teks, anda dapat membatalkan penhapusan tersebut dengan memilih dan mengklik menu Edit, Undo atau klik tombol toolbar Undo. Jika Anda pernah melakukan perintah Undo, perintah Undo tersebut dapat anda batalkan dengan memeili dan mengklik menu Edit, Redo atau klik tombol toolbar Redo. Agar lebih jelas, lakukan langkah-langkah berikut :
1. Pilih (sorot) teks yang akan dihapus
2. Pilih dan clik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
3. Pilih dan klit menu, edit, undo atau klik tombol toolbar undo untuk membatalkan penghapusan sehingga hasilnya kembali seperti semula seperti di bawah ini.

H. MENGUBAH TAMPILAN LAYAR
Kadang-kadang anda ingin mengubah/melihat tampilan layar selain tampilan dalam keadaan normal. Untuk itu ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Bukalah file TEKNOLOGI. DOC!
2. Pilih dan klik View, (Print Layout. Normal, Outline)
3. Pilih dan klik Print Layout Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini
4. Pilih dan klik normal dan hasilnya akan terlihat seperti ini
5. Pilih dan klik outline sehingga hasilnya seperti di bawah ini

Latihan
1. Bukalah Program mikrosoft Word dengan benar ?
2. Ketiklah naskan di bawah ini!
3. Jika telah selesai simpanlah naskah dengan nama file PENDAHULUAN. DOC.!
4. Lakukan pemindahan paragraph 4 ke paragraph 1 !
5. Lakukan pemindahan paragraph 1 ke paragraph 4 !
6. Tandai dan hapus paragraph 1!
7. Tutup Dokumen, jika ada pertanyaan Yes, No, Cancel pilih No!

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Lembaga pendidikan formal mempunya tujuan yang mulia, yaitu untuk mencerdaskan peserta didiknya sesuai dengan jenjang kependidikan. Pendidikan di sekolah diberikan oleh guru-guru dengan keyakinan dan penuh kepercayaan agar anak didiknya dapat menerima pelajaran desngan baik. Keyakinan itu di tunjang oleh berbagai sarana dan prasarana yang tersedia di Lembaga ini.
Aspek pelayanan pendidikan diperuntukan demi terwujudnya aktivitas atau proses belajar- mengajar di sekolah. Tujuan lembaga pendidikan formal sesui dengan Undang-Undang RI Nomor 2 pasal 4 (1989:4) yang berbunyi “PENDIDIKAN NASIONAL BERTUJUAN MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAS MENGEMBANGKAN MANUSIA INDONESIA SEUTUHNYA, YAITU MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAQWA TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERBUDI PEKERTI LIHUR, MEMILIKI PENGERTAHUAN DAN KETERAMOILAN, KESEHATAN JASMANI, ROHANI, KEPRIBADIAN YANG MANTAP DAN MANDIRI SERTA RASA TANGGUNG JAWAB KEMASYARAKATAN DAN KEBANGSAAN”.
Sebuah jenjang pendidikan di katakana berjasil apabila peserta didiknya memiliki pengetahuan, keterampilan, dan perubahan sikap yang dimiliki pesertanya untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi ataupun bagi mereka yang akan terjun ke masyarakat. Pembelajaran yang dilakukan di sekolah bertujuan untuk mendewasakan pesertanya dalam menentukan dan beretindak dengan bimbingan agar dapat mengembangkan dirinya. Apabila terjadi di luar perhitungan dan tidak ada perubahan akan timbul suatu masalah. Masalah itu akan menjadi problem sosial psikologis. Sepertdi yang diungkapkan WA. Gerungan (dari Lt. Bonner 1980; 57) bahwa”Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu manusia, dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi yang lain atau sebaiknya”. Latarbelakang siswa yang beraneka ragam dan memiliki masalah yang berlainan pula dalam proses kedewasaan. Perkembangan siswa itu akan mempengaruhi prestasi belajar siswa itu sendiri.

BAB V
TATA LETAK HALAMAN CETAK
A. MENGATUR MARGIN
Margin adalah jarak antara tepi daerah pengetikan teks dengan tepi kertas. Pengaturan margin akan berlaku untuk seluruh dokumen, kecualimjika anda telah memilih teks tertentu atau membagi dokumen kedalam beberapa bagian. Untuk mengatur margin dokumen ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Bukalah file TEKNOLOGI. DOC
2. pilih dan Kilik menu File, Page Setup untuk menampilkan kotak dialog Page Setup.
3. pada kontak dialog Pege Setup, klik tab Margins
4. Tentukan batas-batas yang anda inginkan.
 Top, untuk menentukan batas margin atas pengetikan
 Left, untuk menentukan batas margin kiri pengetikan
 Botton, untuk menentukan batas margin bawah pengertikan
 Riht, untuk menentukan batas margin kanan pengetikan
 Gutter, jarak tambahan pada bagian dalam (margin kiri untuk halaman ganjil dan margin kanan untuk halaman genap). Jarak ini bisda dipakai untuk didaerah penjilidan. Jika anda memilih kotak cek mirror margins jarak ini akan berlaku untuk halaman geap dan ganjil.
5. Pada kotak isian Header, tentukan jarak dari tepi atas kertas keisi header dan pada kotak isian footer tentukan jarak dari tepi bawah kertas keisi footer.
6. Pada kotak daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan menggunakan margin baru.
7. Beri tanda atau klik kotak cek Mirror Margins jika anda ingin ukuran margin kiri pada halaman genap menjadi ukuran margin kanan pada halaman ganjil dan juga berlaku sebaliknya.
8. Lihat hasilnya pada kotakPreviuw dan klik OK untuk menutup kotak dialog
Latihan
1. Bukalah file TEKNOLOGI. DOC
2. Ubahlah batas kertas (margin) dengan ketentuan sebagai berikut :
 Batas margin atas (top) 4 cm
 Batas margin kiri (left) 4 cm
 Batas margin bawah (bottpm) 3 cm
 Batas margin kanan (right) 3 cm
Dengan menggunakan File Page setup sehingga hasilnya seperti terlihat berikut ini.

B. MENGUBAH UKURAN KERTAS/ORIENTASI PERCETAKAN
Tata letak halaman sangat penting karena berhubungan sekali dengan bagaimana anda mengubah ukuran kertas, mengatur orientasi percetakan, mengatur margin, memasang nomor halaman, memasang header dan footer, dan lain-lain. Perhaikan batas-batas margin di bawah ini.

Gambar letak halaman cetak

Untuk mengubah ukuran kertas dan orientasinya ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Page Setup untuk menampilkan kotak dialog Page Setup.
2. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Paper Size. Lihat Gambar.
3. Pada tombol daftar pilihan Paper Size, pilih dan klik ukuran kertas yang akan digunakan. Selain itu anda dapt menggunakan kotak Width untuk menentukan lebar kertas dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertass yang diinginkan.
4. Pada kotak Orientation, beri tanda atau klik tombol pilihan Potrait untuk pencetakan dengan posisi tegak atau Landcape untuk pencetakan dengan posisi tertidur.
5.Pada bagian tombol daftar pilihan To Apply, pilih dan klik bagian dokumen yang akan memakai ukuran kertas dan orientasi yang baru.
Whole Document, bila pengaturan ingin berlaku untuk seluruh halaman.
This Point Forward, pengaturan akan berlaku dimulai dari bagian ini. Sebagai tanda untuk pemilihan ini, Word 2000 akan menyisipkan tanda pemisahan Continous pada pisisi titik sisip. Jika ingin membuat aturan baru di bagian lain, anda harus mesnggunkan pilihan menu ini di awal bagian tersebut.
This Section, bila pengaturan ingin berlaku hanya pada bagian tempat sisip berada.
6. Lihat hasil pada kotak Preview dan klik OK. Untuk menutup kotak
dialog.
LATIHAN 2.
1. Bukalah file TEKNOLOGI.DOC!
2. Ubahlah ukuran kertas (paper Size) yang di gunakan yaitu Folio 8.5 x 13 in / Legal 8.5 x 14 in dengan menggunakan File Page Setup sehingga hasilnya seperti terlihat seperti berikut ini.
3. Jika telah selesai, simpan naskah dengan nama file Pagesetup.Doc.

C. MEMASANG NOMOR HALAMAN
Word 2000 menawarkan banyak pilihan untuk menempatkan dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang anda tempatkan merupakan bagian dari Header atau Footer. Unutk memasang nomor ghalaman pada dokumen anda, ikuti langkah-langkah berikut ini
1. Pilih dan klik menu insert page Numbers untuk menampilkan kotak dialog page number. Lihat gambar.
2. Pada tombol dafatr pilihan position, pilih dan klik posisi untuk nomor halaman yang diinginkan.
 Top of page ( header ), untuk menempatkan nomor halaman
Di atas
 Bottom of page (footer) untuk menempatkan nomor halaman di
bawah
3. pada tombol daftar pilihan Alignment, pilih dan klik perataan dari nomor halaman yang ingin dipilih.
 Left, untuk penempatan nomor di sisi kiri
 Center, untuk penempatan nomor di sisi tengah
 Right, untuk penempatan nomor di sisi kanan
 Inside, untuk penempatan nomor di bagian dalam halaman dengan dua muka
 Out side, untuk penempatan nomor di bagian luar halaman dengan dua muka
4 .Nomor halaman akan muncul di seluruh halaman yang ada dalam dokumen mulai daru dokumen pertama. Jika halaman pertama tidak ingin di beri nomor halaman, hilangkan tanda pemilihan pada kotak cek Show number on first Page.
4. Klik tombol perintah format untuk memilih format nomor yang akan digunakan (default 1,2,3).
5. Klik OK.

BAB VI
MEMODIFIKASI TAMPILAN
Kompetensi Dasar:
Mengidentifikasi Dokumen menggunakan program pengolah kata
Materi :
Fasilitas program pengolah kata
Indikator :
Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan dapat:
1. Menggunakan bullet and numbering
2. Menggunakan format karakter dengan kotak dialog front
3. Menggunakan burder and shading
4. Menformat dokumen bentuk kolom
5. Menggunakan drop cap
6. Coverting case
7. Menyimpan file dengan password
8. mencari dan mengganti kata
9. Tabulasi

A MEMBUAT PARAGRAF BERBUTIR, BERNOMOR, DAN
BERNOMOR OUTLINE

3. Memberikan Karakter Butir (Bullet) pada paragraph

Untuk memberikan karakterbutir (Bullet) pada suatu paragraph, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1.Pilih (sorot) paragraph yang ingin diberi karakter butir (bullet) atau tempatkan titik sisip pada baris kosong di tempat anda akan memulai pengetikan.
2.Pilih dan klik menu Format, Bullet and Numbering untuk menampilkan
kotak dialog Bullet and Numbering.
3. Pada kotak dialog tersebut klik kotak Bulleted
4. Pilih dan klik jenis karakter butir (Bullet) yang diinginkan.
5. Apabila anda ingin mendefinisikan butir (Bullet) sendiri, klik tombol perintah Customize. Pada kotak dialog tersebut. Lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini :
 Pilih salahsatu bentuk karakter butir (Buleet) yang ingin anda munculkan pada kotak Bullet Caracter. Jika menginginkan karakter yang lain, anda dapat memilihnya melalui tombol perintah Font atau klik tombol perintah Bullets.
 Pada kotak Bullet Position tentukan posisi karakter butir (Bullet) tersebut dari margin kiri pada kotak isian Indent at.
 Pada kotak Text Position, tentukan jarak identasi teks terhadap margin kiri pada kotak isian Indent at.
 Contoh hasil pengaturan dapat dilihat pada kotak Preview.
6. Bila ingin menempatkan butir (bullet) berupa gambar (clipart) klik tombol perintah Picture untuk menampilkan kotak dialog Picture
7. pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik bentuk bambar butir (Picture Bullet) yang diinginkan, kemudian klik tombol Insert Clip.
8. Klik OK.

2. Memberikan nomor pada pargraf
Untuk memberikan nomor pada suatu paragraph, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih (sorot) paragraph yang ingin di beri nomor atau tempatkan iti sisip pada baris kosong di tempat dimana pengetikan akan dimulai.
2. Pilih dan klik menu Format, Bullets and Numbering untuk memunculkan kotak dialog Bullet and Numbering.
3. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Numbered.
4. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik jenis penomoran yang diinginkan.
5. Apabila anda ingin memilih format dan gaya tampilan nomor yang lain serta mengatur dposisinya pada paragraph, klik tombol perintah Customez . Lihat Gambar pada kotak dialog tersebut, lakukan pemilihan dan pengaturan sebagai berikut :
 Pada tombol paragraph Number Style, pilih gaya tampilan nomor yang diinginkan dan lihat hasilnya pada kotak Preview
 Jika anda ingin mengatur jenis font dari nomor yang di gunakan, klik tombol perintah font.
 Pada kota isian Strar at, tentukan nomor awal yang di inginkan.
 Pada kotak Number position pilih dan Klik pertanyaan dari nomor yang diinginkan.
 Pada kota isian Aligned at, tentukan posisi awal pertaaan tersebut terhadap margin kiri.
 Pada kotak Text position, tentukan jarak identasi teks terhadap margin kiri pada kotak isian Indent at.
6. klik OK

3. Memberikan Nomor Outline pada Paragraf
Untuk memberikan nomor outline pada suatu paragraf, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilih dan (sorot) paragraf yang akan diberi nomor outline atau tempatkan titik sisip pada baris kosong di tempat dimana Anda akan memulai pengetikan paragraf.
2. pilih dan klik menu format, Bullets and Numbering untuk menampilkan kotak dialog Bullets Numbered. Lihat gambar
3. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik jenis nomor Outline Numbered yang diinginkan
4. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik jenis nomor outline yang diinginkan
5. Klik tombol perintah Customize untuk memilih format, gaya tampilan dan posisi nomor outline (lihat gambar). Pada kotak dialog tersebut, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini: Pada kotak pilihan Level, pilih dan klik nomor yang ingin dirubah.
• Pada tombol daftar pilihan Number style, pilih gaya tampilan nomor yang diinginkan.
• Jika diperlukan, pada kota isian Number Format, Anda dapat menambahkan karakter yang mendahului atau mengakhiri nomor tersebut.
• Pada kotak isian Start at, tentukan nomor awal yang diinginkan. Anda dapat menyisipkan nomor pada level sebelumnya di posisi pada kotak isian Number Format dengan cara memilih tingkat yang diinginkan pada kotak pilihan Previous Level Number.
• Jika diperlukan klik tombol perintah Font untuk mengatur format karakter dari nomor.
• Pada kotak Number Position, pilih dan klik perataan dari nomor yang diinginkan
• Pada kotak Aligned at, tentukan posisi awal perataan tersebut terhadap margin kiri.
• Pada kotak Text Position, tentukan jarak indentasi teks terhadap margin kiri pada kotak isian Indent at.
1. Klik OK.

a. Mengatur Format Karakter dengan Kotak Dialog Anda dapat menggunakan kotak dialog Font untuk mengatur format karakter/teks. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih dan (sorot) karakter/teks yang akan di format
2. Pilih dan klik menu format, Font (Ctrl+D) untuk menampilkan kotak
dialog Font.
3. Pada kotak dialog tersebut, pilih tab Font untuk mengubah format tampilan huruf. Lihat gambar .
4. Pada kotak daftat pilihan Font, pilih dan klik font yang diinginkan.
5. Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya tampilan huruf
yang diinginkan. Reguler, jenis huruf normal Bold, jenis huruf cetak Tebal Italic, jenis huruf cetak miring Bold italic, jenis huruf dicetak tebal dan miring

. Pada kotak daftar pilihan Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan atau ketik ukuran huruf pada kotak isiannya sesuai dengan keinginan Anda.
7. Pada tombol daftar pilihan Color, pilih warna huruf yang diinginkan
8. Pada tombol daftar pilihan Under line style, pilih jenis garis bawah yang diinginkan. Jika Anda menginginkan garis bawah berwarna, pada tombol daftar pilihan underline color, pilih warna garis bawah yang diinginkan.
9. Jika Anda meng-inginkan adanya efek pada teks yang diketik, beri tanda atau klik kotak cek efek yang diinginkan pada bagian Effecfs.
Strikethrough, teks dicetak coret dengan garis tunggal. Double strikethrough, teks dicetak coret dengan garis ganda. Superscript, teks ditampilkan lebih kecil dan lebih turun Shadow, teks diberi bayangan. Outline, teks dengan garis luar pada setiap karakter. Emboss, teks dengan karakter timbul Engrave, teks dengan karakter dipahat Small caps, huruf kecil ditampilkan dengan huruf kapital yang ukurannya lebih kecil All Caps, semua huruf ditampilkan dengan huruf kapital Hidden, menyembunyikan teks agar tidak turut tercetak.

10. Klik OK.

Adanya juga dapat menggunakan Toolbar Formating untuk mengatur format/teks yang telah terketik. Untuk melakukan hal ini ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pilih (sorot) karakter atau teks yang diatur Formatnya. 2. Pilih dan klik tombol toolbar pengaturan format karakter yang diinginkan yang terdapat pada baris toolbar formatting Untuk mengatur jarak antarkarakter, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pilih (sorot) teks yang akan diatur jarak antar karakternya. 2. Pilih dan klik menu format, Font untuk menampilkan kotak dialog
Font. 3. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Character Spacing.
5. Pada daftar pilihan Scale digunakan untuk menentukan skala yang dipakai dalam mengatur jarak spasi antarkarakter.
6. Kotak daftar pilihan Spacing digunakan untuk mengatur jarak spasi antarkarakter.
7. Kotak daftar pilihan Position digunakan untuk mengatur letak karakter terhadap suatu baris.
8. Klik OK.

Apabila diperlukan, Anda dapat memberi animasi pada teks yang dipilih dengan menggunakan langkah-langkah berikut : 1. Pilih (sorot) teks yang akan diberi animasi 2. Pilih dan klik menu Format, Font untuk memunculkan kotak
dialog Font.
2. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Animation.
3. Pada kotak Animations, pilih dan klik efek animasi teks
sesuai keinginan Anda. 4. Klik OK.
Untuk memperindah tampilan paragraf, Anda melengkapi paragraf tersebut dengan bingkai (border). Border dapat berupa kotak (dapat berupa garis tebal, tipis, atau putus-putus) yang mengelilingi paragraf atau hanya satu atau beberapa garis yang ditempatkan di sisi paragraf. Selain itu, teks juga dapat diberi arsiran tebal atau tipis agar terlihat lebih menarik. Untuk memasang bingkai (border), ikuti langkah-langkah berikut : Pilih (sorot) paragraf yang akan diberi bingkai (border). Pilih dan klik menu Format, Paragraf, Borders and Shading. Pada kotak dialog Borders and Shading, klik tab Borders. Pada bagian Setting, pilih dan klik jenis bingkai (border) yang diinginkan None, digunakan untuk menghilangkan bingkai (border) yang terpasang Box, memasang bingkai (border) dengan bentuk bingkai biasa membuat sendiri bingkai (border) melalui kotak preview.
a. Pada kotak daftar pilihan Style, pilih dan klik jenis garis yang diinginkan.
b. Pada kotak daftar pilihan Color, pilih dan klik warna garis yang diinginkan.
c. Pada kotak daftar pilihan Width, pilih dan klik ketebalan garis yang diinginkan.
d. Klik OK. Hasil pemasangan bingkai dapat dilihat pada Gambar di halaman berikut.
a. Menambah warna corak pada latar Belakang
Agar paragraf tampak lebih menarik, Anda dapat melatarbelakangi paragraf dengan corak dan warna tertentu. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pilih (sorot) paragraf yang akan diberi warna dan corak latar belakang 2. Pilih dan klik menu Format, Paragraf, Borders and Shading.
Untuk memunculkan kotak dialog Borders and Shading
3 .Pada kotak dialog Borders and Shading. Klik tab Shading.
4. Pada bagian Fill, pilih dan klik warna dan corak latar belakang
5. Pada tombol pilihan Style, pilih dan klik warna dan corak latar belakang sesuai keinginan Anda.
6. pada tombol pilih color, pilih dan klik warna Style yang diinginkan
7. Klik Ok

BAB VII
MEMBUAT DAN MENEMPATKAN OBYEK

A. MENEMPATKAN OBYEK GAMBAR, SUARA ATAU GAMBAR ANIMASI
Anda dapat melengkapi dan memperindah tampilan dokumen yang telah dibuat dengan menyisipkan obyek gambar, suara atau gambar animasi. Mengambil obyek gambar dari Microsoft Clip Art Gallery.
1. Megambil Obyek Gambar dari mikrosoft Clip Art Gallery
Gambar yang ingin disisipkan dapat berupa hasil karya kita sendiri yang telah kita masukkan ke dalam komputer. Mungkin juga kita ambil dari internet atau gambar dari program aplikasi lain. Selain itu, Word sendiri telah menyediakan berbagai gambar yang tersimpan dalam Microsoft Clip Art Gallery, ikuti langkah-langkah berikut ini : Aktifkan program Microsoft Word! Tempatkan titik sisip di posisi yang Anda inginkan. pilih dan klik menu Insert, Picture, Clip Art. Selanjutnya, jendela Insert Clip Art akan ditampilkan. 4. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik salah satu tab berikut ini: Picture, untuk mengambil objek gambar (Clip Art). Sounds, untuk mengambil objek. Objek suara yang Anda ambil akan
ditempatkan sebagai icon berbentuk gambar speaker. Icon ini mewakili sebuah suara yang bisa berjenis suara lagu, suara pesan yang sudah direkam sebelumnya, atau file suara lainnya.
Motion Clips, untuk mengambil objek gambar animasi atau video clip.
5. Pada kotak daftar pilihan Categories, pilih dan klik kategori yang diinginkan. Berikutnya akan dimunculkan seluruh obyek gambar berupa clip yang ada pada kategori yang telah dipilih. Misalnya Anda pilih OFFICE.
6. Pilih dan klik obyek gambar (misalnya Computer), suara atau gambar animasi berupa clip yang diinginkan. Kemudian, klik tombol Insert Clip. Anda akan melihat obyek yang telah dipilih akan ditempatkan pada posisi titik sisip.
7. Simpan file dengan nama KOMPUTER. DOC!
3. Mengatur Clip Art Agar Ditempatkan di Mana Saja Anda dapat mengatur dan menata objek gambar yang sudah ditempatkan dengan memanfaatkan menu Format Picture. Untuk menampilkan Format picture, ikuti langkah berikut ini: Bukalah file KOMPUTER. DOC! Tempatkan penunjuk mouse pada gambar yang akan diatur/diubah Klik mouse kanan agar menampilkan menu shortcut Pilih dan klik menu Format Picture sehingga menampilkan kotak dialog Format Picture. Lihat gambar.
4. Pilih dan klik tab Layout, klik Tight untuk mengubah gambar agar dapat ditempatkan di tempat yang diinginkan. Lihat Gambar.
5. Pilih dan klik OK. Lihat gambar

C. Mengatur Dan Menata Objek Gambar Yang Sudah Di Tempatkan
Anda dapat mengatur dan menata objek gambar yang sudah ditempatkan dalam naskah dengan memanfaatkan baris toolbar Picture. Untuk menampilkan baris toolbar Picture, pilih dan klik menu View, Toolbar, Picture.

D. MENEMPATKAN OBJEK BERBENTUK VARIASI TEKS
Untuk mempermudah tampilan dokumen, anda dapat melengapinya dengan berbagai bentuk variasi teks. Untuk menempatkan dobjek berbentuk variasi teks kedalam dokumen, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Bukalah file CLIPART-2.DOC.
2. Hapus judul “TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI”.
3. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan.
4. Pilih dan klik menu Insert, Picture, Word Art. Kotak dialog Word Art Galellery akan muncul seperti terlihat pada gambar.
5. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik gaya tampilan teks yang diinginkan (Word Art Style). Misalnya klik style “kolom 4 baris 3” Kemudian, klik OK. Kotak dialog Edit WoradArt Text akan ditampilkan.
6. Pada kotak text, Ketikkan text yang diinginkan, misalnya “MENGAPA TIK”
7. Klik OK. Hasilnya akan seperti pada gambar.
8. Simpan text dengan nama file WORDART.DOC.

Anda dapat mengatur dan menata objek berbentu variasi teks yang sudah ditempatkan dengan memanfaatkan baris toolbar WordArt. Untuk menampilkan baris toolbar Word Art, pilih dan klik menu View, Toolbar, WordArt

E. MEMBUAT OBJEK GAMBAR DENGAN MEMANFATKAN FASILITAS AUTOSHAPES
Fasilitas Autoshapes akan membantu anda dalam membuat objek gambar sederhana guna melengkapi dan memperindah dokumen. Untuk mengunakan fasilitas Autoshapes, anda harus menampilkan terlebih dahulu baris toolbar Autoshapes, dengan cara memilih dan klik menu insert, Picture, Autoshapes.
Anda dapat juga menggunakan fasilitas Authoshapes dengan menggunakan tombol toolbar Autoshapes yang ada di baris toolbar Drawing.
F. Menggunakan tombol toolbar Autoshapes
Untuk membuat objek gambar dengan menggunakan tombol toolbar Autoshapes, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Aktifkan program Microsoft word
2. Pilih dan klik tombol toolbar Autoshapes yang diinginkan
3. Kemudian, pilih dan klik bentuk garis, shape, panah berbentuk blok, bagan arus, banner atau callouts yang diinginkan. Dengan langkah ini, penunjuk mouse akan berubah bentuk menjadi tanda tambah tipis (crosshair).
4. Arahkan penunjuk mouse tersebut keposisi awal penempatan gambar, kemudian geser (drag) seluas ukuran gambar yang diinginkan.
G. Menambahkan Teks Pada objek.
Apabila diperlukan, anda dapat juga menambahkan teks pada obyek gambar yang di tempatkan sebelumnya. Teks juga dapat di tambahkan didalam shape, tanda panah berbentuk blok, bagan arus, gambar berbentuk stars & banners,dan dalam cllouts. Untuk menambahkan teks pada obje-objek tersebut,ikuti langkah –langkah berikut :
1. Kliktombol kanan mouse pada kanan objek yang diinginkan pada menu shorcut di tampilkan.
2. Pada menu shortcut tersebut, pilih dan klik menu Add Text.
3. Ketikkan teks yang diinginkan pada obyek tersebut.

H. Menggambar dengan menggunakan Baris Toolbar Drawing

Agar dapat menggambar dengan memanfaatkan baris toolbar Drawing, terlebih dahulu baris toolbar Drawing harus ditampilkan dengan cara memilih dan mengklik menu View, Toolbars, Drawing atau klik tombol toolbar Drawing.

I. Memformat Obyek
Untuk mengatur format objek yang telah dipilih ikuti langkah berikut ini
1. Pilih objek yang akan diformat.
2. Pilih dan klik menu Format, kemudian pilih perintah yang sesui dengan obyek yang akan diformat.

 Picture, untuk menformat ClipArt
 WordArt, untuk menformat WordArt
 Text Box, untuk menformat Text Box
 Autoshapes, untuk menformat Autoshapes
3. Klik tab Colors and Lines, untuk mengatur warna latar belakang (colors) dan garis batas
 Pada bagian Fill, tentukan warna latar belakang (colors) yang diinginkan.
 Pada bagian line, tentukan jenis tampilan garis (dshed), warna garis (colors), gaya tampilan garis (Style) dan ketebalan garis (weight).
4. Klik tab size untuk mengatur ukuran gambar.
 Pada bagian size and rotate, tentukan tinggi gambar (height) lebar gambar (width) dan rotasi gambar (rotation).
 Ukuaran gambar juga dapat diatur dengan mengubah prosentase tinggi gambar (height) dan prosentasi lebar gambar (width) yang ada pada bagian scale.
 Pada bagian original size anda dapat melihat ukuran gambar yang sebenarnya.
5. Klik tab laout untuk mengatur jenis pelipatan teks yang diinginkan (Wrapping style) dan menentukan perataan gambar secara mendatar (Horozontal Algnment) .
6. Klik tap Picture untuk melakukan pemotongan gambar(Crop) dan mengatur image tampilan gambar. Tab ini khusus untuk objek berbentuk gambar.
a. Pada bagian crop From, lakukan pengisisan jarakmpemotongan gambar yang diinginkan.
 Left, untuk memotong mulai dari sisi kiri.
 Right, untuk memotong mulai dari sisi kanan.
 Top, untuk memotong mulai dari sisi atas.
 Bottom, untuk memotong mulai dari sisi bowah
b. Pada bagian image kontrol, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini :
 Pada tombol daftar pilihan color pilih dan klik image dari objek gambar. Image yang dapat dipilih diantaranya Automatic,Graystyle, black & White, dan Water Mark.
 Dengan menggunakan slider Brightness, aturlah terang atau gelapnya objek gambar.
 Dengan menggunakan slider Contrast aturlah kecontrasan objek gambar.
7. Jika objek yang sedang diformnat berupa text box maka tab text box dapat digunakan untukmengatur posisi teks di dalam kotak teks (Internal margin).
8. Klik OK.

J. MENYISIPKAN SIMBOL
Pada saat-saat tertentu, kita memerlukan simbol dalam naskah. Misalnya ketika Anda membuat kop surat, disana ada simbol gambar telepon. Untuk itu diperlukan perintah penyisipan symbol.
Untuk menyisipkan simbol, iku langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik Insert, Symbol, kemudian pilih jenis font yang diinginkan (Wingdings, misalnya).
2. Pilih dan klik gambar atau symbol yang diinginkan, lalu Inserta, Close.
3. Selanjutnya, simbol akan terlihat pada naskah sesuai dengan pilihan.

K. MENEMPATKAN OBJEK BERBENTUK SIMBOL-SIMBOL MATEMATIKA
Pada saat bekerja dengan Word 2000, kadang-kadang Anda perlu mengetikkan atau menempatkan tulisan yang berupa simbol-simbol matematika. Penulisan dengan berbagai simbol-simbol matematika terutama banyak dipakai oleh ilmuwan, ahli teknik, dosen, mahasiswa, dan lain-lain. untuk dapat mengetikkan atau menempatkan simbol-simbol matematika tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan.
2. Pilih dan kliek menu Insert, Object. Kota dialog Object akan ditampilkan sepreti gambar.
3. Pada kota daftar pilihan Object type, pilih dan klik objek Microsoft Equation 3.0.

BAB VII
MEMBUAT DAN MENaMPILKAN TABEL
A. MENEMPATKAN TABEL
Word 2000 menyediakan berbagai cara untuk menempatkan tabel pada dokumen.
1. Menempatkan Tabel Baru
Untuk menempatklan sebuah tabel baru yang masih kosonmg, ikuti langkah brikut ini :
1. Tempatkan titik sisip di posisi yang Anda inginkan.
2. Pilih dan klik menu Table, Insert, table. Selanjutnya, kotak dialog Insert Table akan ditampilkan. Lihat gambar.
3. Pada tombol daftar pilihan Number of Columns, tentukan jumlah kolom yang diinginkan.
4. Jika jumlah barus dari tabel telah Anda ketahui, pada tom,bol daftar pilihan Number of rows. Ketikkan jumlah baris tersebut.
5. Pada bagian AutoFit behaviour, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini :
- Fixed columa eidth, bila lebar kolom ingin diatur sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, akan lebih mudah jika Anda memilih Auto untuk membagio lebar halaman dengan jumlah kolom sehingga diperoleh lebar yang sama untuk setiap kolom.
- Auto fit to contents, bila lebar kolom ingin secara otomatis menyesuaikan diri dengan isi sel tabelnya.
- Autofit to windows, bila kita menginginkan lebar kolom secara otomatis menyesuaikan diri dengan ukuran jendelanya.
6. Jika anda ingin menggunakan format tabel yang disediakan oleh Word 2000, klik tombol perintah Auto Format.
7. Pada kota daftar pilihan Formats, pilih dan klik format yang dinginkan dan lihat contoh hasilnya pada kota Preview.
8. Klik Oke.
Untuk menyisipkan tabel dengan menggunakan tombol toolbar insert table, ikuti langkah berikut ini :
1. Tempatkan titik sisip di posisi yang akan disisipi tabel.
2. Pilih tombol toolbar Insert Table pada baris toolbar Standart, kemudian gaser (drag) mouse ke kanan atau ke kiri sebanyak kolom yang ingin disisipkan dan ke bawah sebanyak baris yang diinginkan. Klik Cancel jika tidak jadi menyisipkan tabel. Lihat gambar.

2. Mengisi dan Menyunting Tabel
Setelah selesai membuat tabel, anda akan melihat titik sisip berada pada sel pertama, yaitu sel pada baris paling atas dan kolom paling kiri, isilah sel tersebut dengan data yang diinginkan.
Latihan
9. Tulislah judul tabel, kemudian buatlah tabel yang terdiri dari 4 kolom dan 4 baris.
10. Isilah tabel dengan data dibawah ini, kemudian format judul dan tabel sehingga hasilnya terlihat seperti berikut ini !
11. Simpan dokumen dengan nama file CONOTH-TABEL. DOC!

3. Menformat Tabel
Agar tabel lebih menarik dan terlihat profesional, anda dapat memformat tabel dengan menggunakan fasilitas AutoFromat. Untuk melakukan hal tersebut, ikuti langkah berikut ini :
1. Bukalah file yang formatnya akan diubah !
2. Tempatkan titik sisip pada tabel yang akan diformat !
3. Pilih dan klik menu Table, Table Auto Format sehingga memunculkan kotak dialog Table Auto Format .
4. Pada kotak daftar pilihan Formats, pilih dan klik format yang
diinginkan dan lihat contoh hasilnya pada kota preview.
5. Pada bagian Formats to apply, tentukan elemen format yang ingin ditampilkan atau disembunyikan.
6. Pada bagian Apply special formats to, tentukan format khusus yang akan ditampilan atau disembunyikan
6. Klik Ok
Latihan
1. Bukalah file CONTOH TABEL. DOC !
2. Tempatkan titik sisip (sorot) pada tabel yang akan diformat, yaitu mulai dari NO, hingga 500.000.
3. Formatlah tabel dengan perintah Table. Table Auto Format, kemudian pada pilihan Formats, pilih format yang diinginkan / ditentukan, yaitu 3D Effect 3 hingga hasilnya terlihat berikut ini?
4. Jika telah selesai simpan file dengan nama TABEL.DOC!
4. Menggambar Tabel
Anda dapat juga menggambar tabel dalam dokumen seperti menggambar tabel pada kertas dengan menggunakan pensil dan mistar. Untuk menggambar sebuah tabel, ikuti langkah-langkah berikut ini :
a. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan
b. Pilih dan klik menu Table, Draw Table atau klik tombol toolbar Tables and Borders. Selanjutnya, toolbar Tables anda Borders akan ditampilkan.
c. Pertama, gambar terlebih dahulu bagian luar (garis terluar) tabel di tempat yang diinginkan dengan cara mengarahkan penunjuk mouse yang berbentuk pensil ke posisi awal dari tabel yang akan dibuat. Selanjutnya, geser ke arah posisi akhir sampai diperoleh ukuran yang diharapkan.
d. Klik dan geser penunjuk mouse didalam tabel untuk menggambar garis batas kolom dan garis batas baris di tempat yang dinginkan. Lihat gambar.
e. Setelah selesai menyisipkan tabel, tutuplah baris toolbar Tables and Borders dengan mengklik toolbar Tables and Borders satu kali atau tekan tombol ESC.
Setelah membuat tabel dan mengisinya dengan data, anda dapat menyunting isi dan format tampilannya sesuai dengan kebutuhan. Jika yang akan anda format adalah karakternya, lakukan pemilihan karakter, kemudian lakukan perintah memformat seperti ketika anda memformat karakter dalam dokumen, tetapi, jika yang akan anda pilih (sorot) adalah selo, barus atau kolom ikuti langkah berikut ini :
1. Tempatkan titik sisip dalam sel yang akan dipilih.
2. Pilih dan klik menu Table, Selcet, kemudian pilih salah satu perintah dibawah ini :
- Tabel, untuk memilih (menyorot) seluruh bagian tabel tempat titik sisip berada.
- Row, untuk memilih (menyorot) baris tempat titik sisip berada
- Column, untuk memilih (menyorot) kolom tempat titik sisip berada
- Cells, untuk memilih (menyorot) sel tempat titik sisip berada
3. Aturlah format tampilan seperti ketika Anda memformat karakter/teks.

5. Menyisipkan Satu Baris atau Kolom Baru
Untuk menyisipkan satu baris yang anda pilih atau menyisipkan satu kolom kosong di kiri kolom yang anda pilih, ikuti langkah berikut ini :
- Tempatkan titik sisip di posisi baris atau kolom yang diinginkan
- Pilih dan klik menu table, Insert, kemudian pilih dan klik salahs atu perintah berikut :
i. Rows Above, untuk menyisipkan baris kosong di atas baris terpilih.
ii. Rows Below, untuk menyisipkan baris kosong dibawah baris terpilih
iii. Columns to the Left, untuk menyisipkan kolom kosong di kiri kolom terpilih
iv. Columns to the Right, untuk menyisipkan kolom kosong di kanan kolom terpilih.
5. Menghapus Sel, Kolom dan Baris
Anda dapat menghapus isi suatu sel dengan cara memilih (menyorot) sel yang akan dihapus tersebut, kemudian tekan tombol Delete. Untuk menghapus kolom atau baris, ikuti langkah-langkah berikut ini :
- Bukalah file CONTOH TABLE.DOC!
- Tempatkan titik sisip ke sel dari baris atau kolom yang ingin dihapus
- Pilih dan klik menu Table, Delete, yang selanjutnya akan menampilkan kotak dialog berikut.

- Pada kota dialog tersebut, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini :
i. Delete entire row, untuk menghapus baris
ii. Delete entire column, untuk menghapus kolom
iii. Shift cell lefts, untuk menghapus satu sel pada posisi titik sisip dan memindahkan sel dikanannya untuk menempati sel yang dihapus tadi.
iv. Shift cell up, untuk menghapus satu sel pada posisi titik sisip dan memindahkan sel dibawahnya untuk menempati sel yang dihapus tadi.
6. Mengubah Lebar Kolom dan Tinggi baris
Anda dapat mengubah lebar kolom dengan terlbih dahulu mengarahkan penunjuk mouse ke batas kanan kolom yang akan diubah lebarnya sampai penunjuk mosue berubah bentuk menjadi panah dua arah atau arahkan penunjuk mouse ke tanda batas tabel yang terdapat pada garis mistar mendatar. Kemudian lakukan salah satu pilihan berikut ini.

Geser (drag) batas kolom Mengubah ukuran kolom yang tredapat di kiri dan kanan batas tanpa mengubah ukuran tabel keseluruhan
Sambil menekan tombol Shift, geser (drag) batas kolom Mengubah lebar kolom yang terdapat di kiri batas dan tidak mengubah ukuran kolom yang lainnya.
Sambil menekan tombol Ctrl, geser (drag) batas kolom Menyesuaikan lebar semua kolom yang ada dikanan batas dengan ukuran yang proporsional tanpa mengubah ukuran tabel keseluruhan.
Sambil menekan tombol Ctrl + Shift drag batas kolom Menyesuaikan lebar semua kolom yang ada di kanan batas dengan ukuran yang sama tanpa mengubah ukuran tabel keseluruhan
Klik dua kali batsa kanan kolom Menyesuiakan lebar kolom dengan isi sel yang paling panjang

Untuk mengubah tinggi baris, anda dapat melakukannya dengan cara mengarahkan penunjuk mouse ke batas bawah garis yang tingginya ingin diubah atau mengarahkan penunjuk mouse ke tanda batas tabel yang terdapat pada garis mistar tegak. Kemudian lakukan pengubahan seperti hanya anda melukan perubahan pada lebar kolom.

7. Melakukan perhitungan Matematikan dalam tabel
Dalam tabel yang telah dibuat, anda dapat melakukan proses perhitungan seperti ketika melakukan proses perhitungan dalam program aplikasi lembar kerna (spreadsheet). Operasi perhitungan yang dapat dilakukan diantaranya adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Anda dapat juga melakukan beberapa jenis perhitungan lain seperti mencari dan menghitung rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan lain-lain.
Ada beberapa fungsi statistik (matematika) yang sering digunakan pada saat anda bekerja dengan Word, antara lain
Rumus Kegunaan
= (B3+C3+D3) atau = sum (B3:D3) Digunakan untuk penjumlahan data
=(B3+C3+D3)/3 atau =sum (B3:D3)/3 Digunakan untuk pembagian data
= (B3*C3) Digunakan untuk perkalian data
= (B3-C3) Digunakan untuk pengurangan data
= (B3+C3-D3) Digunakan untuk penjumlahan dan pengurangan data
= sum (E3:E7) Digunakan untuk menghitung penjumlahan data
= max (E3:E7) Digunakan untuk menghitung nilai terbesar data
= min (E3:E7) Digunakan untuk menghitung nilai terkecil data
= Average (E3:E7) Digunakan untuk menghitung rata-rata data
= Count (F3:E7) Digunakan untuk menghitung banyak data

Untuk menempatkan suatu prehitungan dalam atbel, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Tempatkan titik sisip pada tabel yang akan dipakai untuk menyimpan hasil perhitungan.
2. Pilih dan klik menu Table, Formula. Kotak diaog formula selanjutnya akan ditampilkan seperti terlihat pada gambar.
3. Ketik rumus yang dinginkan pada kotak isian Formula dengan diawali tanda sama dengan 9 = ), rumus yang diketikkan dapat berupa :
i. Angka biasa, seperti =50*40
ii. Alamat sel, seperti =D2+D3
iii. Fungsi seperti =sum(leeft) untuk menjumlahkan data dikiri titik sisp atau = Average (D2:D6) untuk mencari rata-rata dari data yang berada p[ada sel D2 sampai dengan D6.
4. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assistant, klik tombol
perintah Next> atau <Back. ' 5. Setelah bentuk tampilan Office Assistant yang Anda inginkan diperoleh, klik OK. '.. Menggunakan Help What's This Apabila diperlukan, Anda dapat menampilkan Keterangan atau penjelasan singkat mengenai bagian-bagian yang ada pada jendela Word 2000. Untuk menggunakan menu Help What's Tnis, ikuli langkah berikut ini: 1. Pilih dan klik menu Help, What's Ihis? (Shift+Fl). Setelah memilih menu ini, penunjuk mouse akan berubah bentuk menjadi tanda panah yang disertai symbol (anda tanya ( ?). * 2. Pilih dan klik bagian Word 2000 yang Andjfmginkan, dan selanjutnya, gambar Office Assistant akan menampilkan keterangan atau penjelasan singkat mengenai bagian yang Anda pilih. Lihat gambar

c. Memberikan Nomor Outline pada Paragraf

Untuk memberikan nomor outline pada suatu paragraf, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilih dan (sorot) paragraf yang akan diberi nomor outline atau tempatkan titik sisip pada baris kosong di tempat dimana Anda akan memulai pengetikan paragraf.
2. pilih dan klik menu format, Bullets and Numbering untuk menampilkan kotak dialog Bullets Numbered. Lihat gambar
3. pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik jenis nomor Outline Numbered yang diinginkan
4. pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik jenis nomor outline yang diinginkan
5. klik tombol perintah Customize untuk memilih format, gaya tampilan dan posisi nomor outline (lihat gambar). Pada kotak dialog tersebut, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini:
 pada kotak pilihan Level, pilih dan klik nomor yang ingin dirubah.
 Pada tombol daftar pilihan Number style, pilih gaya tampilan nomor yang diinginkan.
 Jika diperlukan, pada kota isian Number Format, Anda dapat menambahkan karakter yang mendahului atau mengakhiri nomor tersebut.
 Pada kotak isian Start at, tentukan nomor awal yang diinginkan.
 Anda dapat menyisipkan nomor pada level sebelumnya di posisi pada kotak isian Number Format dengan cara memilih tingkat yang diinginkan pada kotak pilihan Previous Level Number.
 Jika diperlukan klik tombol perintah Font untuk mengatur format karakter dari nomor.
 Pada kotak Number Position, pilih dan klik perataan dari nomor yang diinginkan
 Pada kotak Aligned at, tentukan posisi awal perataan tersebut terhadap margin kiri.
 Pada kotak Text Position, tentukan jarak indentasi teks terhadap margin kiri pada kotak isian Indent at.
6. Klik OK.

Bukalah file TEKNOLOGI, DOC!
Ubahlah tampilan paragraf dengan : Bullets and Numbering, Outline Numbered menjadi paragraf 1 Level 1, paragraf (2,3) level 2 dan 3, paragraf 4 level 1, dan paragraf 5 level 2.
jika telah selesai, simpan naskah dengan nama file NUMBER-2, DOC!

Mengatur Format Karakter dengan Kotak Dialog
Anda dapat menggunakan kotak dialog Font untuk mengatur format karakter/teks. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Pilih dan (sorot) karakter/teks yang akan di format
2. Pilih dan klik menu format, Font (Ctrl+D) untuk menampilkan kotak dialog Font.
3. Pada kotak dialog tersebut, pilih tab Font untuk mengubah format tampilan huruf. Lihat gambar 9.11.
4. Pada kotak daftat pilihan Font, pilih dan klik font yang diinginkan.
5. Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya tampilan huruf yang diinginkan.
 Reguler, jenis huruf normal
 Bold, jenis huruf cetak Tebal
 Italic, jenis huruf cetak miring
 Bold italic, jenis huruf dicetak tebal dan miring
6. Pada kotak daftar pilihan Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan atau ketik ukuran huruf pada kotak isiannya sesuai dengan keinginan Anda.
7. Pada tombol daftar pilihan Color, pilih warna huruf yang diinginkan
8. Pada tombol daftar pilihan Under line style, pilih jenis garis bawah yang diinginkan. Jika Anda menginginkan garis bawah berwarna, pada tombol daftar pilihan underline color, pilih warna garis bawah yang diinginkan.
9. Jika Anda meng-inginkan adanya efek pada teks yang diketik, beri tanda atau klik kotak cek efek yang diinginkan pada bagian Effecfs.
 Strikethrough, teks dicetak coret dengan garis tunggal.
 Double strikethrough, teks dicetak coret dengan garis ganda.
 Superscript, teks ditampilkan lebih kecil dan lebih turun
 Shadow, teks diberi bayangan.
 Outline, teks dengan garis luar pada setiap karakter.
 Emboss, teks dengan karakter timbul
 Engrave, teks dengan karakter dipahat
 Small caps, huruf kecil ditampilkan dengan huruf kapital yang ukurannya lebih kecil
 All Caps, semua huruf ditampilkan dengan huruf kapital
 Hidden, menyembunyikan teks agar tidak turut tercetak.
10. Klik OK.

Adanya juga dapat menggunakan Toolbar Formating untuk mengatur format/teks yang telah terketik. Untuk melakukan hal ini ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilih (sorot) karakter atau teks yang diatur Formatnya.
2. pilih dan klik tombol toolbar pengaturan format karakter yang diinginkan yang terdapat pada baris toolbar formatting

Untuk mengatur jarak antarkarakter, ikuti langkah-langkah berikut:
2. Pilih (sorot) teks yang akan diatur jarak antar karakternya.
3. Pilih dan klik menu format, Font untuk menampilkan kotak dialog Font.
4. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Character Spacing.
5. Pada daftar pilihan Scale digunakan untuk menentukan skala yang dipakai dalam mengatur jarak spasi antarkarakter.
6. Kotak daftar pilihan Spacing digunakan untuk mengatur jarak spasi antarkarakter.
7. Kotak daftar pilihan Position digunakan untuk mengatur letak karakter terhadap suatu baris.
8. Klik OK.

1. Ketiklah teks di bawah ini!
2. Ubahlah jenis huruf dengan Format, Font sehingga hasilnya seperti terlihat berikut ini !
3. Simpan naskah dengan nama file FONT.DOC!

1. Ketiklah teks berikut dan formatlah sehingga tampilannya terlihat seperti pada gambar 9.14!.
2. Simpan naskah tersebut dengan nama EFFECT.DOC!

Apabila diperlukan, Anda dapat memberi animasi pada teks yang dipilih dengan menggunakan langkah-langkah berikut :
1. Pilih (sorot) teks yang akan diberi animasi
2. Pilih dan klik menu Format, Font untuk memunculkan kotak dialog Font.
3. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Animation.
4. Pada kotak Animations, pilih dan klik efek animasi teks sesuai keinginan Anda.
5. Klik OK.

1. Bukalah file TEKNOLOGI, DOC!
2. Formatlah dengan Format, Font, klik tab Animation dengan ketentuan
Paragraf 1 Animations dengan tipe Blinking Bacground
Paragraf 1 Animations dengan tipe Las Vegas Light
Paragraf 1 Animations dengan tipe Marching Black Arts
Paragraf 1 Animations dengan tipe Shimmer
Paragraf 1 Animations dengan tipe Sprakle Text

3. Simpan naskah dengan nama file TEXTEFFECT.DOC! sebagai hasilnya, lihat Gambar 9.16 di halaman berikut!

1. Bukalah file TEKNOLOGI, DOC!
2. Formatlah dengan Format, Font, tab Font, tab Character Spacing, dan tab Text Effect, sehingga hasilnya seperti terlihat pada gambar
3. Simpan naskah dengan nama file HURUF.DOC!

Gambar 9.17. Contoh tampilan Efek huruf-tab Font

Untuk memperindah tampilan paragraf, Anda melengkapi paragraf tersebut dengan bingkai (border). Border dapat berupa kotak (dapat berupa garis tebal, tipis, atau putus-putus) yang mengelilingi paragraf atau hanya satu atau beberapa garis yang ditempatkan di sisi paragraf. Selain itu, teks juga dapat diberi arsiran tebal atau tipis agar terlihat lebih menarik.
Untuk memasang bingkai (border), ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih (sorot) paragraf yang akan diberi bingkai (border).
2. Pilih dan klik menu Format, Paragraf, Borders and Shading.
3. Pada kotak dialog Borders and Shading, klik tab Borders.
a. Pada bagian Setting, pilih dan klik jenis bingkai (border) yang diinginkan
 None, digunakan untuk menghilangkan bingkai (border) yang terpasang
 Box, memasang bingkai (border) dengan bentuk bingkai biasa membuat sendiri bingkai (border) melalui kotak preview.
b. Pada kotak daftar pilihan Style, pilih dan klik jenis garis yang diinginkan.
c. Pada kotak daftar pilihan Color, pilih dan klik warna garis yang diinginkan.
d. Pada kotak daftar pilihan Width, pilih dan klik ketebalan garis yang diinginkan.
e. Klik OK. Hasil pemasangan bingkai dapat dilihat pada Gambar di halaman berikut.
Agar paragraf tampak lebih menarik, Anda dapat melatarbelakangi paragraf dengan corak dan warna tertentu. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pilih (sorot) paragraf yang akan diberi warna dan corak latar belakang
2. Pilih dan klik menu Format, Paragraf, Borders and Shading. Untuk memunculkan kotak dialog Borders and Shading.
3. pada kotak dialog Borders and Shading. Klik tab Shading. Lihat gambar 9.20
4. pada bagian Fill, pilih dan klik warna dan corak latar belakang
5. Pada tombol pilihan Style, pilih dan klik warna dan corak latar belakang sesuai keinginan Anda.
6. kotak dialog Borders and Shading, klik tab Borders.
7. pada tombol pilihan Color, pilih dan klik warna style yang diinginkan.
8. Klik OK.

1. Bukalah file TEKNOLOGI, DOC!
2. Ubahlah tampilan bingkai dan latar pada paragraf 1-6 sehingga hasilnya terlihat seperti berikut ini !
3. Jika telah selesai, simpan naskah dengan nama file BORSHED.DOC!

Anda dapat melengkapi dan memperindah tampilan dokumen yang telah dibuat dengan menyisipkan obyek gambar, suara atau gambar animasi.
a. Mengambil obyek gambar dari Microsoft Clip Art Gallery.
Gambar yang ingin disisipkan dapat berupa hasil karya kita sendiri yang telah kita masukkan ke dalam komputer. Mungkin juga kita ambil dari internet atau gambar dari program aplikasi lain. Selain itu, Word sendiri telah menyediakan berbagai gambar yang tersimpan dalam Microsoft Clip Art Gallery, ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Aktifkan program Microsoft Word!
2. Tempatkan titik sisip di posisi yang Anda inginkan.
3. pilih dan klik menu Insert, Picture, Clip Art. Selanjutnya, jendela Insert Clip Art akan ditampilkan. Lihat Gambar.

4. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik salah satu tab berikut ini:
 Picture, untuk mengambil objek gambar (Clip Art).
 Sounds, untuk mengambil objek. Objek suara yang Anda ambil akan ditempatkan sebagai icon berbentuk gambar speaker. Icon ini mewakili sebuah suara yang bisa berjenis suara lagu, suara pesan yang sudah direkam sebelumnya, atau file suara lainnya.
 Motion Clips, untuk mengambil objek gambar animasi atau video clip.
5. Pada kotak daftar pilihan Categories, pilih dan klik kategori yang diinginkan. Berikutnya akan dimunculkan seluruh obyek gambar berupa clip yang ada pada kategori yang telah dipilih. Misalnya Anda pilih OFFICE. Lihat gambar 02
6. Pilih dan klik obyek gambar (misalnya Computer), suara atau gambar animasi berupa clip yang diinginkan. Kemudian, klik tombol Insert Clip. Anda akan melihat obyek yang telah dipilih akan ditempatkan pada posisi titik sisip.
7. Simpan file dengan nama KOMPUTER. DOC!
Menggunakan Tombol Toolbar
Pada saat mengklik objek gambar atau clip, selain menggunakan tombol Insert Clip, Anda juga dapat memilih tombol toolbar lain seperti terlihat pada tabel berikut:
b. Mengatur Clip Art Agar Ditempatkan di Mana Saja
Anda dapat mengatur dan menata objek gambar yang sudah ditempatkan dengan memanfaatkan menu Format Picture. Untuk menampilkan Format picture, ikuti langkah berikut ini:
1. Bukalah file KOMPUTER. DOC!
2. Tempatkan penunjuk mouse pada gambar yang akan diatur/diubah
3. Klik mouse kanan agar menampilkan menu shortcut
4. pilih dan klik menu Format Picture sehingga menampilkan kotak dialog Format Picture. Lihat gambar.
5. pilih dan klik tab Layout, klik Tight untuk mengubah gambar agar dapat ditempatkan di tempat yang diinginkan. Lihat Gambar.

You Might Also Like

0 komentar