Update
Loading...
, ,

TV Digital di Kota Kendari Mulai Mengudara

Sebenarnya kabar akan adanya TV Digital di Kota Kendari sudah diketahui sejak bulan November 2015 lalu saat itu nonton berita di TVRI Sultra kalau stasiun milik pemerintah tersebut telah menerima perangkat untuk TV Digital untuk dipancarkan di area Kendari dan sekitarnya. Namun karena ketiadaan alat berupa DVB-T2 baik berupa perangkat set top box ataupun USB DVB-T2 maka baru sempat menulis tulisan ini.


Kemarin tepat tanggal 1 Februari 2016 iseng-iseng buka facebook bahwa TVRI telah bersiaran TV Digital. Namun belum sempat mengecek kebenarannya pada saat itu juga karena alasan diatas belum punya perangkat DVB-T2, maka saat itu pula saya membuka toko online dan memesan perangkat DVB-T2 berupa USB DVB-T2 merek MyGica T230. Dua hari kemudian barang yang dipesan telah tiba di JNE cabang Kendari dan langsung ambil sendiri di kantornya saat itu juga karena saking penasarannya. Sebelumnya saya sudah menyiapkan perangkat berupa android dan kabel USB OTG serta applikasi PAD TV HD (deng) yang sudah saya install sebelumnya di perangkat android MI 4I yang kebetulan gadget ini sudah support USB OTG.

Sedari kantor jasa pengiriman tadi, saya membawa ke kantor wifi.id corner di Kantor Telkom depan SMA 4 Kendari untuk diuji coba. Begitu dicolok ke smartphone, USB DVB-T2 langsung terdeteksi dengan baik dan meminta untuk me"launch" applikasi PAD TV HD. Setelah dicolok applikasi meminta untuk melakukan scan automatis. Tapi sebelumnya kita harus memilih nama negara siaran TV digital dalam hal ini Indonesia. Tidak lupa antena bawaan TV Tuner tadi untuk dipasang untuk penerimaan yang lebih baik.

Setelah melakukan scan, terdeteksi 4 siaran TV Digital yakni TVRI Sultra, TVRI Nasional, TVRI 3 (Budaya) dan TVRI 4 (Sport) tertangkap dengan jernih di perangkat android saya.
TVRI Sultra

TVRI Nasional

TVRI Budaya

TVRI Sport

Namun hingga saat ini saya masih gagal untuk mendeteksi siaran ini di laptop padahal sudah terinstall applikasi yang disertakan dalam CD instalasi.

Harapan TV Digital
Siaran TV digital sebenarnya sangat bagus untuk tetap dikembangkan karena frekuensi analog saat ini sudah saling tumpang tindih. Dengan tv digital siaran yang tadinya hanya 1 bisa menjadi 4 bahkan lebih hanya dalam 1 frekuensi. Saat ini di kota Kendari keberadaan tv digital masih minim karena di masyarakat sendiri masih dominan menggunakan tv analog bahkan permintaan atas tv digital masih sangat minim bahkan hampir tidak ada karena masyarakat masih betah di jalur analog. Selain itu beberapa tv swasta nasional juga belum berniat ekpansi siarannya di jalur tv digital, jangankan lewat digital, analog pun masih dikatakan minim untuk di Kota Kendari. Kalau dibanding di kota-kota besar lainnya di jawa tv digital sudah memiliki penikmatnya.

You Might Also Like

0 komentar