Update
Loading...

Hal-hal yang Akan Terjadi pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dimana setiap umat Muslim baik wanita maupun pria diwajibkan untuk berpuasa kecuali bagi mereka yang sedang berhalangan, sakit ataupun dalam perjalanan jauh.

Di media sosial, kita sering melihat banyak orang yang menyambut bulan Ramadhan dengan berbagai ungkapan baik dalam bentuk meme atau update status. Namun biasanya bulan ramadhan ada sisi lain yang jarang disadari tapi banyak yang melakukannya.

1. Ucapan Maaf dan Sambutan Pada Bulan Ramadhan
Biar ibadah benar-benar suci dan bersih dari berbagai kesalahan dan kekhilafan, banyak pengguna sosial media mengirimkan atau broadcast serta mengisi status sosial media mereka dengan kata maaf serta sambutan marhaban ya ramadhan. Hal ini sebagai bentuk harapan dalam ibadah puasa ramadhan mereka benar-benar suci dan bisa fokus dalam menjalankan amalan bulan ramadhan.

2. Tarawih Pertama Seperti Suatu Kewajiban
Pada malam sehari sebelum bulan ramadhan, Shalat Tarawih merupakan ibadah yang tidak wajib dikerjakan tapi sunnah jika dikerjakan dan memperoleh pahala yang besar. Maka tak jarang pada saat tersebut banyak jamaah memenuhi masjid bahkan meluber alias tidak kebagian tempat untuk mengikuti shalat Isya dan Tarawih. Namun disisi lain, tarawih pertama ini digunakan untuk momen untuk mengisi status sosial media mereka dengan "tarawih pertama"

3. Ramai di Awal sepi di Akhir
Sudah bukan rahasia lagi kalau bulan ramadhan disambut hanya diawal-awal saja. Masjid pada awal-awal ramadhan mempunyai jamaah dan shaf yang banyak bahkan meluber namun seiring berjalannya waktu masjid-masjid mulai sepi pada pertengahan hingga akhir ramadhan. Penyebabnya yaitu jamaah yang mudik dan belanja kebutuhan lebaran di toko-toko dan mall.

4. Jajanan Buka Puasa Dadakan di Pinggir Jalan
Namanya saja bulan ramadhan bulan penuh berkah, berkah bagi para masyarakat untuk menjual berbagai menu buka puasa. Biasanya pada saat sore hari hingga jelang waktu berbuka kita bisa melihat pedagang ini di pinggir jalan yang banyak dilalui orang. Umumnya mereka menjual kue-kue, minuman, takjil, es pisang ijo, cendol, es kelapa muda dan lainnya.

5. Stasiun TV bersiaran 24 Jam dan Acara Khusus Waktu Sahur.
Sudah menjadi strategi yang paling ditunggu-tunggu bagi para pengelola stasiun tv, acara berbau ramadhan akan ditayangkan untuk mengisi waktu selama bulan ramadhan seperti Komedi spesial, Acara islami, Ceramah dan Kultum siap mengisi di layar kaca, tak terkecuali sinetron dan FTV khusus ramadhan dengan nilai-nilai islami. Pada saat sahur stasiun tv biasanya mengisinya dengan acara berbau komedi dan sinetron dilengkapi dengan kuis dari sponsor.

6. Ngabuburit dan Buka Bareng
Hanya ada di bulan Ramadhan kita bisa mengadakan acara buka bareng bersama teman, sahabat, rekan kerja dan keluarga serta mengisi waktu dengan berbagai kegiatan menjelang buka puasa atau ngabuburit. Ngabuburit biasanya dilakukan dengan jalan-jalan, belanja, berkumpul bersama teman dan dilanjutkan dengan buka bareng.

Sebenarnya banyak hal yang terjadi pada saat bulan ramadhan tapi penulis hanya mengambil sisi lainnya seperti yang dijelaskan diatas.
Sekian dan terima kasih semoga memberi informasi kepada anda.

You Might Also Like

0 komentar