Update
Loading...
,

Facebook Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang

Facebook yang merupakan sosial media buatan Mark Zuckerberg kini menjelma menjadi sosial media yang menampung segala informasi dan hiburan di dalamnya. Dulu facebook hanya digunakan untuk sekedar update status dan berbagi gambar atau foto. Namun seiring berjalannya waktu kini facebook menjelma menjadi sumber informasi, hiburan video dan gambar-gambar lucu yang sering dikatakan sebagai meme. 


Saat ini facebook bisa dibilang sosial media yang penggunanya cukup banyak di Indonesia bisa dikatakan negara kita masuk 10 besar pengguna terbanyak dari seluruh dunia. Dari keseluruhan pengguna facebook tersebut ada saja pengguna yang memanfaatkan sosial media ini untuk sekedar iseng, aksi jahat dan mencari pundi-pundi rupiah. 


Fan page situs media online sekelas tribunnews, kompas, dan merdeka salah satunya yang menggunakan facebook meraih keuntungan dengan mengalirkan traffic atau kunjungan dari pengguna facebook yang menjadi liker fan page tersebut ke situs mereka - dimana situs tersebut telah dipasangkan iklan. Maka jangan heran jika anda menemukan postingan yang bikin penasaran namun untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut anda harus mengklik tautan yang dikirimkan.

Penyebaran informasi juga sangat meningkat pesat mulai dari berita hoax, berita keagaaman dan kontroversi menjadi daya tarik tersendiri bagi segelintir orang untuk mengambil keuntungan. Salah satunya adalah tentang rusuh pembakaran masjid di Tolikara, Papua. Mungkin jika kembali beberapa hari lalu dihari lebaran idul fitri, postingan tentang tolikara akan menghiasi beranda facebook anda. 

Disisi lain facebook menjadi ajang diskusi tanpa batas. Diskusi yang berguna seputar hobby, teknologi dan otomotif dan pemecahan masalah didalamnya mungkin sangat berguna, namun jika menyangkut diskusi atau komentar tentang keagamaan misal antara syiah dan sunni, kristen dan Islam mungkin tiada ujungnya. Terakhir saya menemukan artikel tentang kucing yang di-steril (pengangkatan kelamin/kebiri) mengundang reaksi yang beragam dari sudut pandang yang berbeda. Beberapa pengguna facebook menganggap kucing yang dikebiri punya manfaat yang jauh lebih banyak dibanding kucing peliharaan yang tidak dikebiri. Sudut pandang lain mengatakan bahwa kucing juga punya hasrat atau nafsu yang menjadi hak mereka untuk disalurkan. Merenggut kejantanan/kebetinaan kucing merupakan tindakan dzalim dan tidak dibenarkan oleh agama. (soal ini silahkan lihat disini)

Ini menyangkut tentang loyalitas anda terhadap apa yang anda senangi, mungkin anda merasa tidak terima ketika kesenangan anda itu dirusak oleh orang-orang yang mempunyai kesenangan yang berlawanan. Soal fanboy suatu brand seperti IOS & Android mungkin akan menjadi diskusi tanpa ujung yang membuat seseorang membela dan mengolok suatu brand.
 
sebenarnya banyak manfaat yang tak bisa disebutkan satu persatu dari facebook tapi seiring berjalannya waktu pihak facebook sendirilah yang akan menentukan fitur-fitur yang mereka luncurkan tentunya dikehendaki oleh penggunanya sendiri.

You Might Also Like

0 komentar